Mengendurkan ikat pinggang bisa turunkan tekanan darah tinggi

ilustrasi.

(KANALACEH.COM) – Pernahkah saat mendapatkan waktu libur, Anda pergunakan sebagai waktu istirahat? Tapi, saking tidur doang, orang-orang di sekitar malah memarahi Anda! Padahal, di hari libur itulah Anda bisa mendapatkan waktu tidur yang lebih banyak dari biasanya.

Jumlah waktu tidur Anda yang berlebihan juga ternyata tidak baik. Tetap tidur 8 jam adalah waktu ideal yang direkomendasikan ahli medis. Tidur yang cukup juga ternyata bisa memengaruhi tekanan darah Anda. Semakin baik, maka risiko tekanan darah tinggi pun sangat kecil.

Dikutip dari buku berjudul 49 Kiat Santai Menstabilkan Tekanan Darahkarya Dokter Spesialis Hipertensi Dr Yoshihiko Watanabe, kurang tidur bisa pengaruhi kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan stres karena kelelahan tubuh dan pikiran tidak pulih. Karena kondisi tersebut, Anda akan merasakan dampak buruk khususnya pada masalah tekanan darah tinggi.

Dr Watanabe pernah melakukan riset, dimana diketahui bahwa orang yang tidur 8 jam sehari jelas punya tekanan darah yang lebih rendah daripada orang yang tidur 4 atau 5 jam sehari. Dalam penelitian lainnya, Dr Watanabe pun menyatakan bahwa tidur 15 menit sekali pun bisa menurunkan tekanan darah.

Jika memungkinkan, saat Anda dapat waktu libur, setidaknya Anda pergunakan untuk membayar “utang tidur” yang hilang pada hari biasanya. Tidur banyak, lanjut Dr Watanabe, dianggap bisa memperbaiki kualitas hidup yang jauh lebih baik. Jadi, jangan ragu untuk tidur lebih banyak saat dapat waktu libur, ya.

Sementara itu, cara lain yang cukup bisa membuat tekanan darah tinggi Anda aman adalah mengendurkan sedikit ikat pinggang Anda. Bagaimana bisa? Apakah ada korelasi antara ikat pinggang dengan tekanan darah?

Dalam buku yang sama, perlu Anda ketahui, di usia senja, tekanan darah tinggi juga bisa disebabkan karena obesitas. Pada kondisi itu, lemak banyak menempel pada tubuh Anda. Bila lemak sudah banyak menempel di tubuh, risiko penekanan aorta bagian perut pun akan meningkat. Efeknya adalah penyempitan aliran darah dan memancing tekanan darah. Dengan kata lain, sebisa mungkin jangan sampai aorta tertekan.

Selain karena lemak, ada hal yang bisa membuat aorta tertekan. Salah satunya mungkin yang Anda tidak begitu perhatikan. Adalah ikat pinggang! Kebiasaan mengikat pinggang lebih kencang daripada seharusnya ternyata bisa dibilang “bunuh diri secara halus”. Kenapa begitu? Sebab, Anda menekan aorta sampai batas maksimalnya. Lalu, sebaiknya bagaimana?

Dr Watanabe menyarankan untuk mengganti ikat pinggang dengan suspender. Bila itu dirasa tidak mungkin, Anda sebaiknya jangan ikat pinggang terlalu kencang. Sewajarnya saja. Kemudian, sebisa mungkin setelah bekerja tidak mengikat pinggang lagi. Lepaskan

Begitu juga dengan dasi. Jangan ikat terlalu kuat di leher. Setelah bekerja pun sebisa mungkin untuk segera dilepaskan, agar tidak ada tekanan di titik-titik badan. Sebab, bisa saja tekanan itu meningkatkan tekanan darah tinggi Anda. [Okezone]

Related posts