Begini kata Dokter terkait kulit wajah kering yang berjerawat

Ilustrasi.

Jakarta (KANALACEH.COM) – Jerawat umumnya muncul pada seseorang dengan kulit wajah berminyak. Tapi, tidak jarang juga jerawat muncul pada seseorang dengan kulit kering.

Menurut dr Laksmi Duarsa SpKK dari RS Surya Husadha, Denpasar pada dasarnya munculnya jerawat pada kulit wajah kering akan lebih jarang dibandingkan dengan kulit berminyak. Jika pun ada hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Misalnya karena produksi minyak dan air yang sedikit pada wajah. Sebab jerawat akan tetap muncul pada wajah dengan minyak dan air yang kurang karena dipengaruhi produksi lemak yang berlebihan.

“Kurang air dan minyak tapi produksi lemak juga berlebihan yang bersangkutan akan tetap berjerawat,” ucap dr Laksmi ketika seperti dikutip dari Detik.com, Rabu (2/8).

Selain itu, ia juga menjelaskan faktor lain munculnya jerawat pada kulit wajah kering. Misalnya karena tidak memperhatikan kebersihan.

“Wajah kena debu atau make up nggak dibersihkan dan pori-pori kesumbat,” sambung dr Laksmi.

Sementara itu, untuk mengatasi jerawat pada kulit kering, dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK beberapa waktu lalu mengatakan agar menggunakan sabun khusus kulit sensitif. Sebab dengan begitu kulit tidak akan mudah bertambah kering dan iritasi.

“Untuk mencegah jerawat sebaiknya menggunakan tabir surya yang berbahan dasar gel bukan krim. Serta menggunakan krim malam yang mengandung asam vitamin A untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sehingga dapat mencegah terjadinya jerawat,” pungkas dr Darma. []

Related posts