Tim film dokumenter Kemenag Aceh diundang ke Jakarta

Tim film dokumenter Kemenag Aceh diundang ke Jakarta

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Biro Humas, Data dan Informasi mengundang tim film “Cahaya di Atas Bukit” yang merupakan film Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh ke Jakarta untuk enjadi salah satu narasumber pada kegiatan Rapat Koordinasi Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta, Kamis (3/8).

Dalam kesempatan itu, tim film dokumenter dihadiri oleh koordinator, Rusli, sutradara Ahsan dan cameramen Khairul melakukan presentasi tentang film dokumenter Cahaya di Atas Bukit tersebut.

Ahsan sebagai sutradara menjelaskan tentang cuplikan trailer film dokumenter tersebut, yang mengisahkan tentang sosok Thamrin.

Pada trailer ini, keponakannya Mahyudin bercerita tentang kegigihan Thamren yang bersikeras membangun sebuah madrasah yang kemudian cita-cita itu tercapai.

Walau jauh dari pusat keramaian dan fasilitas pendidikan sangat terbatas, namun semangat anak-anak disana tidak berkurang untuk menuntut ilmu.

Ada hal yang menarik dari film ini.  Diantara murid-murid MIS Kala Wih Ilang, terdapat anak-anak dari keluarga non-Muslim yang ikut menimba ilmu disana, namun guru-guru disana tidak pernah membatasi anak-anak non muslim untuk belajar.

Menurut para pengajar, ilmu adalah cahaya untuk semua orang, soal keimanan masalah pribadi setiap orang.

Dalam film tersebut juga menggambarkan tentang perjuangan Jufrizal membangun madrasah di Aceh Tamiang.

Sementara koordinator film, Rusli, Lc yang merupakan Kasubbag Inmas Kanwil Kemenag Aceh mengatakan bahwa film dokumenter yang mengisahkan tentang Potret pendidikan di pedalaman Aceh itu akan Lounching dalam waktu dekat.

“Insyaallah film ini dalam waktu tidak terlalu lama akan launching, saat ini tim Inmas sudah mengirim file film tersebut kepada Menteri Agama untuk sambutan beliau, kita telah merilis trailer,” ujar Rusli.

Ia juga menjelaskan bahwa film tersebut lahir atas inisiasi dan perintah dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, M. Daud Pakeh usai meninjau kondisi pendidikan di beberapa Kabupaten pedalaman Aceh.

kegiatan rapat koordinasi Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik Kementerian Agama RI tersebut dibuka oleh Sekjen Kemenag RI, Prof.Dr.H.Nur Syam dan diikuti oleh Inmas Kanwil Kemenag se Indonesia. [Aidil/rel]

Related posts