Ini 10 Fobia terunik yang ada di Dunia

Ilustrasi. []

(KANALACEH.COM) – Awas, ada kecoa! Reaksi orang mendengar kalimat itu tentunya berbeda. Ada yang lari terbirit-birit, ada yang teriak kencang sambil mengangkat kaki, atau Anda memilih diam saja? Ketakutan pada kecoa biasa disebut dengan Katsarida Phobia.

Berbahaya? Tidak. Tapi bila sudah cukup menggangu kehidupan Anda, bisa saja menimbulkan depresi yang besar. Ketika depresi itu sudah muncul, ada risiko penyakit laik yang bisa saja Anda rasakan. Sulit tidur misalnya. Kondisi tersebut bisa menimbulkan komplikasi sakit kepala berlebih sampai kegelisahan yang tidak dapat ditangani.

Selain itu, ternyata masih ada fobia lainnya yang terbilang unik. Berikut di rangkum 10 fobia unik yang bisa lebih mengerikan dari sekadar ketakutan pada kecoa,

1. Latrophobia

Phobia bertemu dokter. Kondisi ini banyak dialami anak-anak. Di usia itu biasanya banyak gambaran menakutkan mengenai dokter. Mulai dari dokter akan menyuntik Anda sampai dengan dokter akan mencekik Anda.

Keterangan yang keluar dari dokter pun menjadi ketakutan tersendiri. Tidak hanya takut bertemu dokter yang akan memeriksa, tetapi orang dengan phobia ini pun akan takut bertemu orang yang menggunakan jubah putih menyerupai dokter, misalnya orang yang bekerja di lab sekalipun.

2. Nosocomephobia

Berasal dari kata Yunani, nosokomeion yang artinya, rumah sakit. Rumah sakit pada sebagian orang terkesan menakutkan, terutama dengan warnanya yang selalu putih. Bukan itu saja, bau desinfektan dan pemandangan orang-orang sakit pun menjadi ketakutan tersendiri orang dengan fobia ini.

Nosocomephobia adalah ketakutan irasional terhadap rumah sakit, bisa mengenai penyakit yang ada di rumah sakit itu, kematian, dan despresi. Presiden AS Richard Nixon adalah salah satu orang yang mengalami penyakit ini.

3. Nosophobia

Ketakutan pada tertularnya penyakit. Semakin terbukanya informasi, memudahkan manusia untuk mendapatkan informasi yang dia mau. Nah, saking terbukanya itu, pada sebagian orang malah akan membuat dirinya ketakutan akan terserang penyakit.

Makanya, para penderita penyakit ini biasanya akan menutup diri dengan informasi baru, bisa tentang penyakit baru atau faktor penyebab penyakit tersebut. Sebisa mungkin tidak mengetahui tentang penyakit apapun. Bahaya, ya!

4. Mysophobia

Takut pada kuman dan bakteri. Orang yang mengidap penyakit ini bisa dikatakan sangat higienis. Kemana-mana harus membawa hand-sainitizer setidaknya atau tisu basah. Hal tersebut dikarenakan tangannya tidak boleh tersentuh kuman sama sekali.

Makamya, ketika ingin membuka pintu, maka dia harus membersihkan dulu gagangnya. Pun juga dengan cangkir. Intinya, semua benda yang bakal dia pegang, harus dibersihkan terlebih dulu sebelum dipakai. Ribet sih hidupnya pasti!

5. Heamatophobia

Ketakutan akan darah. Pada beberapa orang, rangsangan tubuh melihat darah ada yang sampai pingsan, lho. Biasanya orang-orang ini menderita sesuatu yang dikenal sebagai heamatophobia atau ketakutan irasional terhadap darah.

Ketika mereka melihat darah maka mereka akan teringat kerentanan manusia atau kematian mereka, yang membuat mereka menjadi pucat karena ketakutan. Tidak hanya darah asli, pada beberapa kasus, darah dalam bentuk gambar atau dalam sebuah video pun menjadi ketakutan tersendirinya.

6. Trypanophobia

Takut jarum suntik. Banyak beredar video mengenai pasukan keamanan yang takut saat ingin disuntik. Mohon, jangan anggap itu lelucon! Pada sebagian orang, jarum suntik memang menakutkan.

Tapi, ketakutan tersebut sebetulnya bisa dikendalikan dengan pengontrolan pola pikir. Sebab, pada dasarnya, tidak ada yang perlu Anda takutkan dari jarum suntik. Tapi bagi sebagian orang, rasa takut itu terlalu besar. Sekedar menyebut jarum saja, bisa menyebabkan mereka mengalami pusing, sesak napas atau jantung berdebar.

7. Cephalgiaphobia

Takut pada sakit kepala. Biasanya, mereka yang hidup lama dengan penyakit migran mengidap masalah ini. Tanyakan kepada siapa saja, yang menderita migrain bagaimana rasanya dan Anda akan tahu mengapa cephalgiaphobia dapat dibenarkan.

Beberapa orang sangat trauma dengan rasa sakit kepala yang menyakitkan sehingga rasa takut akan teringat kembalinya rasa sakit itu. Sehingga, sebisa mungkin orang dengan gangguan ini akan meminimalisir risiko sakit kepala.

8. Tomophobia

Takut Dioperasi. Bicara mengenai operasi, pada sebagian orang ada yang sampai membayangkan hal-hal yang tidak asyik. Itu kenapa banyak dari mereka yang akhirnya takut untuk melakukan tindakan operasi. Sebetulnya, sangat wajar jika Anda takut pada prosedur operasi.

Tapi, mereka yang menderita tomophobia membawa rasa takut ini ke tingkat yang aneh. Orang yang menderita fobia ini terkadang menolak menjalani operasi penyelamatan jiwa hanya karena mereka tidak dapat mengatasi kecemasan dan ketakutan yang terkait dengan mereka. Membahayakan nyawanya sendiri jadinya.

9. Pharmacophobia

Benci minum pil? Tidak ada yang bisa menyalahkan Anda. Tapi apakah dengan melihat obat-obatan wajar rasanya Anda terserang panik dan kecemasan? Jika rasa ini sudah Anda rasakan, berarti Anda menderita gangguan ini. Sebab, seharusnya tidak ada respon tersebut dari sekadar melihat obat-obatan di apotek atau kotak obat rumah Anda.

10. Thanatophobia

Adakah orang di antara Anda yang bisa mengklaim bahwa dia tidak takut mati? Mungkin tidak ada! Sebagian besar manusia takut pada kematian.

Ini adalah respons alami. Namun, saat rasa takut menghalangi aktivitas sehari-hari Anda, membatasi Anda untuk menjalani hidup, dan membuat Anda kehilangan kontak dengan orang lain, maka Anda memiliki masalah. Sebab, ketakutan tersebut bisa dikategorikan sebagai tindakan abnormal. Ketakutan yang berlebihan akan kematian ini dikenal dengan sebutan thanatophobia. [Okezone]

Related posts