Darwati ajak Dekranasda Bireuen lakukan pembinaan keluarga dan perajin

Ketua PKK dan Dekranasda Aceh, Darwati A. Gani melantik Ketua PKK Bireuen dan Dekranas Kabupaten Bireuen periode 2017-2022 di Aula Kantor Bupati Bireuen. Kamis (10/8). (ist)

Bireuen (KANALACEH.COM) – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Darwati A Gani mengajak Dekranasda Bireuen untuk melakukan pembinaan terhadap keluarga dan para perajin di Kabupaten Bireuen guna  meningkatkan kesejahteraan keluarga dan perajin.

Hal tersebut disampaikan Darwati seusai melantik Hj. Fauziah, S.Pd binti M.Daud sebagai Ketua Tim Penggerak PKK merangkap Ketua Dekranasda Bireuen periode 2017-2022 di Kantor Bupati Bireuen, Kamis (10/8).

“Sebagai figur yang sangat memahami kondisi Bireuen, kami yakin ibu Fauziah dapat melihat sendiri betapa banyaknya persoalan yang dihadapi masyarakat daerah ini terkait bidang kesejahteraan keluarga,” ujar Darwati.

Bireuen kata Darwati merupakan wilayah dengan jumlah penduduk cukup besar, tapi tingkat kesejahteraan rakyatnya masih belum memuaskan.

Persoalan itu lanjut Darwati tidak hanya terkait dengan akses ekonomi dan pendidikan, tapi juga kesadaran tentang pola hidup sehat dan pembinaan keluarga yang belum memuaskan.

“Kondisi ini tentunya menghadirkan tantangan tersendiri bagi Pemerintah Daerah dalam menjalankan program-program kesejahteraan keluarga,” kata Darwati.

Darwati menyampaikan bahwa keterlibatan PKK dan Dekranasda dalam menjalankan program kesejahteraan keluarga sangat dibutuhkan.  Proses pembinaan itu dapat diberikan melalui program pendidikan bagi anak, penyuluhan kesehatan, pencerahan tentang gizi keluarga, pemberdayaan ekonomi keluarga, dan lain sebagainya.

Hal lain yang tak kalah penting kaya Darwati adalah upaya untuk mempromosikan dan meningkatkan kualitas hasil kerajinan rakyat guna mendorong semangat kewirausahaan dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga.

Untuk itu, Darwati berharap, Pemerintah Kabupaten Bireuen berkenan mendukung program-program yang dijalankan oleh PKK dan Dekranasda di daerah ini agar langkah kita mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga di daerah berjalan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Darwati juga menyampaikan beberapa pesan kepada pengurus Dekranasda Biruen antara lain menghidupkan Posyandu diberbagai Desa,  membangun kerjasama dengan berbagai pihak dalam menjalankan program – program Dekranasda dan PKK

Selain itu, Darwati juga berharap agar Dekranasda Bireuen memberikan perhatian serius dalam membina para perajin untuk meningkatkan mutu kerajinan serta memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan modal usaha dan pemasaran hasil kerajinan.

“Bireuen juga sangat terkenal dengan berbagai kuliner dan  produk kripik yang banyak diproduksi oleh masyarakat lokal. kita perlu melakukan terobosan baru untuk mempopulerkan keripik Bireuen melalui sistem pengemasan yang lebih modern, sehingga daya tarik bagi konsumen semakin tinggi,” ujar Darwati.

Sementara itu, Bupati Bireuen, H. Saifannur mengatakan akan membantu memasarkan produk-produk kerajinan masyarakat. Tapi, masyarakat harus mampu melakukan innovasi dengan mambuat packing yang bagus dan menarik.

Saifannur mengakui, banyak hasil produksi baik kerajinan maupun makanan di Bireuen, untuk itu ia berharap Bireuen dapat menjadi pusat wisata kuliner Aceh. [Randi/rel]

Related posts