Aneka bumbu masak makanan halal Thailand yang berada di Aceh Internasional Halal Food Fetival 2017 di Taman Sari, Banda Aceh, Sabtu (19/8). (Kanal Aceh/Randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kegiatan Aceh Internasional Halal Food Festival (AIHFF) 2017 turut mengundang negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia.

Acara yang dipusatkan di Taman Sari, Kota Banda Aceh sejak Jumat dan berakhir nanti malam itu selalu ramai dikunjungi warga. Pantauan kanalaceh.com dilokasi, stand makanan halal Thailand juga menjadi salah satu stand yang dipadati warga.

Baca: Koki kuliner halal Thailand tak menyangka standnya ramai dikunjungi

Ads

Beragam masakan halal ala negeri gajah putih itu menjadi perhatian pengunjung. Saat kanalaceh.com menjumpai salah satu koki masakan halal Thailand, Nora yang juga Tour Management di Apple and Noi Thai menyebutkan, kali ini di AIHFF 2017 pihaknya menyajikan makanan khas Thailand seperti, Massaman Curry, Massaman Curry paste, Green Curry paste, Panang Curry Paste dan red Curry Paste.

“Itu makanan pada malam pertama acara,” katanya.

Mengenai bumbu pada masakan itu, ia mengatakan, bumbu masakan halal Thailand tak jauh berbeda dengan masakan bumbu masakan Aceh.

Pada saat rombongan Thailand berangkat ke Aceh, mereka hanya membawa bumbu khas saja, selebihnya semua dibelanjakan di Aceh.

“Kita cuma bawa bumbu khas atau bumbu rahasia dari sana (Thailand) yang lain belanja semua disini,” katanya.

Massaman Curry, menjadi makanan favorit yang ditampilkan pihaknya. makanan ini berupa kari ayam dicampuri dengan kacang dan kentang. “Hampir sama dengan makanan kari Ayam Aceh bedanya cuma agak manis dan pedasnya sedikit,” sebutnya.

Kemudian makanan halal lainnya yang berasal dari Thailand ialah
Tomyam, yang sudah memiliki label halal. Kata dia, itu berupa sup yang memakai rempah-rempah. Makanan halal lainnya yang berasal dari negara gajah putih itu ialah Pattaya, nasi yang di bungkus dari telor. [Fahzian Aldevan]