Besok, Menteri Susi jadi pembicara di Universitas Serambi Mekkah

Besok, Menteri Susi jadi pembicara di Universitas Serambi Mekkah

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Universitas Serambi Mekkah menggelar kengiatan seminar nasional dengan menghadirkan Kementerian Kelautan dan Perikanan di Kampus Induk, Batoh, Aceh Besar, Kamis (24/8) besok.

 

Seminar ini mengusung tema Eksplorasi Kekayaan Maritim Aceh Di Era Globalisasi dalam Mewujudkan Indonesia Sebangai Poros Maritim Dunia.

Kegiatan akademik ini menghadirkan pembicara kunci Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Dr. (HC) Susi Pudjiastuti.

Kehadiran Menteri Perikanan dan Kelautan ini dibenarkan oleh Mujiburrahman, M. Hum, Ketua pelaksana kengiatan acara ini dalam siaran persnya kepada Kanalaceh.com.

“Kita undang Menteri Kemaritiman dan Kelautan dalam hal ini Ibu Susi Pudjiastuti dan Bapak Gubernur Irwandi Yusuf”, terang dosen muda Prodi Pendidikan Sejarah USM ini disela- sela wawancaranya dikampus induk, Batoh, Aceh Besar.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan ini pada dasarnya sebangai pilar tridarma perguruan tinggi dengan mengharapkan para penetili dapat memberikan pandangan-pandangan baru terhadap potensi kemaritiman di Aceh untuk dapat dikembangkan menjadi potensi pengembangan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut ia menyampaikan, seminar ini bertujuan untuk melihat secara langsung bangaimana potensi kemaritiman Aceh dari berbagai aspek ilmu pengetahuan sehingga diundang para peneliti untuk berpartisipasi pada seminar tersebut.

“Kita undang tiga guru besar dan satu orang doktor sebangai narasumber dalam membedah isu kemaritiman, yaitu Prof Dr Ing Misri Gozan, M Tech IPM dari Universitas Indonesia (UI) dengan mengupas pengembangan Produk Biokimia Berbasis Kelautan Skala Industri,” sebutnya.

Kemudian Prof Dr Ir Indra Jaya, M Sc dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan mengupas Penguasaan Teknologi Akustik, serta Instrumentasi dan Robotika Kelautan bagi Kejayaan Maritim Aceh, Prof Dr Yety Rochwulaningsih, M Si dari Universitas Diponegoro dengan mengupas Tipologi dan Upaya Pengembangan Garam Rakyat di Aceh dan Dr. Muslem Daud, M Ed dari Universitas Serambi Mekkah dengan mengupas Peluang dan Tantangan Pendidikan Wilayah Pesisir Aceh.

“Seminar ini dipandu oleh, Dr. Marwan dari Universitas Syiah Kuala,” kata dia.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Serambi Mekkah selaku penanggung jawab acara ini, Saisa, ST MT, menyampaikan seminar ini sangat bermanfaat bagi pengembangan penelitian ekplorasi kekayaan maritim di Aceh.

Para peneliti dapat menuangkan gagasan-gagasan barunya dalam pemecahan masalah kemaritiman. “Sampai hari ini kita sudah menampung lima puluh lima hasil penelitian dari berbagai disiplin ilmu baik dari ilmu sains dan tekhnologi, kelautan dan perikanan, sosial humaniora, kesehatan, ekonomi pembangunan dan kebencanaan,” jelasnya.

Seminar ini diharapkan mampu menanggulangi pemamfaatanan ekpoitasi sumber daya alam laut Aceh berbaisi maritim yang berkelanjutan demi terwujudnya cita-cita nasional Indonesia sebangai poros maritim dunia. [Aidil/rel]

Related posts