Harga tomat dan ikan di Langsa melambung tinggi

Harga tomat dan ikan di Langsa melambung tinggi
Pasar ikan di pasar tradisional Kota Langsa. (Kanal Aceh/Erza)

Langsa (KANALACEH.COM) – Lima hari belakangan ini harga tomat dan ikan segar di pasar tradisional Kota Langsa melambung tinggi, termasuk beberapa kebutuhan dapur lainnya.

Harga tomat yang biasanya hanya Rp 7.000 per kilogram (kg) kini pedagang menjual dengan harga Rp 16.000 per kg hingga Rp 17.000 per kg.

Menurut Isnawaty (58) salah satu ibu rumah tangga warga Kota Langsa kepada Kanalaceh.com, Rabu (23/8) menyatakan, lima hari belakangan ini harga tomat terbilang mahal.

Padahal, menurutnya tomat merupakan komoditi yang mudah membusuk. Biasa dirinya membeli 1 kg hingga 2 kg. Kali ini terpaksa dikuranginya.

“Biasanya tomat yang saya beli bisa tahan seminggu sekarang cuma dua hari sudah mulai membusuk, jadi untuk menghindari pembusukan saya memilih tomat yang agak keras,” jelas Isnawaty yang mengaku penjual sayur masak.

Ditambahkan Isnawaty, bagi kalangan ibu rumah tangga, kenaikan tomat, bawang merah, bunga kol, brokoli dan sayuran lokal seperti kangkung, daun ubi, bayam tidak terlalu berpengaruh pada aktivitas rumah tangga karena ada alternatif sayuran lain dapat menggantikan sayuran yang harganya mahal.

“Kalau tomat mahal ya nggak pake tomat, kalo bawang merah mahal ya dikurangi penggunaannya,” ujarnya.

Tapi baginya, sebagai pengusaha sayur masak tentu sangat berdampak dengan kenaikan harga sayuran, bumbu dapur dan ikan, apabila penggunaan bumbu dikurangi jelas mempengaruhi rasa sehingga pelanggan lari.

Lain lagi menurut Norma salah seorang pedagang eceran kebutuhan dapur di pasar tradisional Kota Langsa. Menurutnya, kenaikan sejumlah kebutuhan dapur termasuk mahalnya harga tomat selain adanya peringatan kegiatan Hari Kemerdekaan juga dikarenakan musim hujan yang saat ini sedang berlangsung.

Disisi lain, Mirna pedagang sayuran lainnya, mengatakan, saat ini pedagang harus berhati-hati membeli sayuran pada musim seperti ini. Tidak hanya tomat, daya tahan sayuran lainnya seperti bunga kol dan brokoli pun semakin menurun.

Dari pantauan Kanalaceh.com harga ikan segar di pusat pasar tradisional seperti ikan kembung kuring segar biasanya Rp 35.000 per kg menjadi Rp 45.000 kg, Regak segar yang biasanya Rp 25.000 menjadi Rp 34.000, biji Nangka biasanya Rp 20.000 menjadi Rp 27.000 dan ikan Tongkol segar biasanya Rp 30.000 ler kgmenjadi Rp 40.000 per kg. [Erza]

Related posts