Pemko Langsa siapkan landasan pacu pesawat pribadi Irwandi

Landasan pacu (runway) yang dibangun Pemko Langsa dikawasan Pelabuhan Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat. (Kanal Aceh/Erza)

Langsa (KANALACEH.COM) – Direncanakan besok akan turun tenaga ahli dari Banda Aceh untuk melakukan pengecekan layak tidaknya landasan pacu (runway) yang disiapkan Pemko Langsa untuk mendaratnya pesawat peribadi Gubernur Aceh di kawasan pelabuhan Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat.

Kedatangan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menggunakan pesawat peribadinya ke Langsa tersebut, guna melantik pasangan Walikota dan Wakil Walikota Langsa terpilih masa bakti 2017 – 2022, Usman Abdullah dan Marzuki Hamid, di Gudung DPRK Langsa pada Senin 28 Agustus mendatang.

Seperti dikatakan, Samsul Bahri Plt. Kepala Dinas Perhubungan Langsa bersama Kabid Daratnya, Bambang Suriansyah dalam bincang-bincang dengan Kanalaceh.com di Podomoro, jumat (25/8), dimana pekerjaan pembuatan landasan pacu yang dikerjakan Dinas PU Daerah tersebut secara fisik sudah hampir rampung.

Mengenai layak tidaknya landasan pacu itu, yang panjangnya 700 meter dan lebar 10 meter akan ditentukan oleh tenaga ahli landasan dari Banda Aceh.

Sementara Yulizar,  ST,  Kabid Bina Marga Dinas PU Daerah Langsa yang akrab disapa Nizam itu, kepada Kanalaceh.com  Jumat (25/8) petang dilokasi runway menjelaskan, landasan pacu ini secara fisik sudah selesai 80 persen.

“Kita menghadapi kendala pasang surut air laut namun bukanlah masalah yang serius untuk menyelesaikan landasan dimaksud,” katanya.

Dijelaskan Nizam,  pembangunan pemadatan fisik landasan pacu ini menggunakan material Base A dengan ketebalan 12 hingga 15 Cm. Selanjutnya badan landasan dilapisi dengan prime coats. [Erza]

Related posts