SMK-PP Negeri Saree jadi target Revitalisasi SMK Tahun 2017

(ist)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Instruksi Presiden Nomor 9/2016 tentang revitalisasi SMK dan setelah melewati beberapa tahap seleksi, Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud, menetapkan 125 SMK se-Indonesia sebagai Pilot Projek Revitalisasi SMK pada tahun 2017dari target 1650 SMK hingga 2019 nanti.

SMK-PP Negeri Saree adalah salah satu SMK dari 3 SMK yang ada di Propinsi Aceh yang menjadi target Revitalisasi SMK tahun 2017.

“Selain itu ada 2 SMK lain yang menjadi target revitalisasi, SMKN 3 Banda Aceh dan SMKN 1 Bendahara Aceh Tamiang,” kata kepala sekolah SMK 3 Saree, Muhammad dalam siaran pers yang diterima kanalaceh.com, Jumat (25/8).

Ia menjelaskan, proses revitaliasi SMK ini, Dit-PSMK Kemendikbud melakukan pendampingan langsung kepada sekolah untuk merencanakan pengembangan sekolah hingga tahun 2019 (Jangka Pendek), dan hingga 2025 (jangka menengah).

Hal ini sesuai dengan SK PPK Subdit Kurikulum Dit-PSMK Dirjen Dikdasmen Kemendikbud No. 761b/D5.2/KU/2017 tentang Penetapan SMK penerima bantuan pendampingan dan publikasi revitalisasi SMK tahun 2017.

Berdasarkan SK tersebut, SMK-PP Negeri Saree melaksanakan pendampingan penyusunan rencana kerja pengembangan/Peta jalan revitalisasi sekolah untuk tahun 2018 hingga 2025. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK-PP Negeri Saree selama 5 hari mulai 21 – 25 Agustus 2017.

Kegiatan ini langsung di bimbing oleh Pendamping yang ditunjuk oleh Dit-PSMK Kemendikbud, dalam hal ini Pendamping yang ditunjuk adalah Dosen Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat yaitu Dr. Ta’ali, MT. Kegiatan ini diikuti oleh tim Revitalisasi SMK-PP Negeri Saree yang telah ditunjuk, tim ini diwakili oleh semua bidang/unit kerja yang ada dilingkungan sekolah.

Kemudian fokus pengembangan sekolah dalam rangka Revitalisasi SMK ini ada 6 hal, yaitu, revitalisasi kerjasama dengan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri), revitalisasi sistem sertifikasi, revitalisasi kurikulum, revitalisasi guru dan tenaga kependidikan (GTK), revitalisasi sarana dan prasarana, dan revitalisasi tata kelola kelembagaan. berdasarkan fokus pengembangan sekolah tersebut maka tim revitalisasi ini juga dibagi sesuai 6 bidang tersebut. [Randi/rel]

Related posts