Wabup Aceh Utara gelar panen raya padi seluas 80 Hektare

  • Whatsapp
(ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf melakukan panen raya padi MT Gadu di Desa Matang Seuke Pulot, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara seluas 80 Ha, Senin (28/8).

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto mengatakan, pada kesempatan kali ini pihaknya sudah berjalan 3 tahun untuk mendampingi pertanian dan TNI juga akan ada pendamping Dana Desa.

Ia menambahkan, Aceh utara juga termasuk lumbung padi di Provinsi Aceh, dana mengenai harga gabah saat ini sudah di tentukan. “Saya hanya bisa menghimbau kepada kelompok tani menjual ke Bulok karna juga untuk menstabilkan harga gabah. bulog juga milik bandan usaha pemerintah.  Saya berharap kedepan panen kita terus meningkat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, tokoh masyarakat Matang Seuke Pulot, Razali mengatakan, masyarakat yang ada di Gampong tersebut saat ini mempunyai lahan sawah sekitar 80 Hektar.

Dengan kurangnya peralatan pertanian, kata dia, hendaknya pemerintah memberi izin tentang kios pupuk di Gampong serta pembuatan jalan di pematangan sawah.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Aceh Utara  Fauzi Yusuf mengatakan, program dan kegiatan pembangunan pertanian telah dilaksanakan oleh pemerintah pusat bersama pemerintah daerah untuk meningkatkan produksi pangan sehingga upaya mempertahankan ketersediaan pangan khususnya padi di Aceh Utara dapat tercapai sesuai yang diharapkan.

Dalam panen kali ini dinilai sangat memuaskan, karena berkat kerjasama semua pihak dan intansi terkait. “oleh karna itu kami dari pemerintah akan terus berusaha membenahi tentang pertanian  dan masih banyak petani yang belum mendapatkan saluran irigasi hingga saat ini Aceh Utara telah memprogramkan di bagian pertanian,” katanya. [Rajali Samidan]

Related posts