Sabang masuk nominasi ISTA 2017

(ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Freddie’s Santai sumur Tiga Resort dan Casanemo dua destinasi tersebut masuk dalam nominasi Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) Tahun 2017.

Dinas terkait, Badan dan Lembaga, dan Steakholder sangat mendukung dan berharap Sabang  masuk dalam penilaian Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) Tahun 2017 yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu.

“Masuknya Sabang sebagai nominasi Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) Tahun 2017 merupakan suatu kebanggaan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang Zulfi Purnawati disela-sela Focus Group Discussion penilai dan kunjungan lapangan ISTA 2017,  Senin (04/09).

Di Indonesia telah terpilih sebanyak 24 dari 96 usulan destinasi dan Sabang memiliki 2 destinasi yang masuk dalam penilaian yaitu Casanemo dan Freddie’s Santai sumur Tiga Resort.

Zulfi berharap, Casanemo dan Freddie’s Santai sumur Tiga Resort masuk sebagai juara salah satu atau dua-duanya menjadi juara pada ISTA 2017.

Sekdako Sabang Sofyan Adam, SH mengatakan, kunjungan wisatawan ke Aceh dan Sabang menjadi salah satu tujuan wisata yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan jumlah pengunjung.

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan tersebut juga mendukung sektor usaha bidang pariwisata, seperti   hotel, resort, bugalow, home stay dan penginapan lainnya yang ada di Kota Sabang  terus berbenah dan berkembang.

Tim penilai Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 Winda Mingkid dari Universitas Sam Ratulangi Manado mengatakan, Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) diberikan pertama kali pada tahun ini kepada destinasi yang dianggap mempunyai kemampuan untuk melestarikan destinasi wisata.

Dari segi penilaian ada empat katagori yang bisa masuk sebagai pemenang yaitu katagori pengelolaannya, Perekonomiannya, Budaya, dan bagaimana cara melestarikan lingkungannya, masing-masing katagori ada pemenangnya dan ada juara umumnya.

Menurut Winda, untuk meningkatkan Pariwisata kita tidak bisa bekerja sendiri tetapi harus bekerja sama dengan Instansi dan pihak-pihak terkait seperti lintas Dinas, lintas Badan, serta lintas Steakholder baik dari Industri Pariwisata maupun masyarakat itu menunjukan kerjasama untuk membangkitkan Pariwisatanya.

“Sabang adalah kota yang mau bangkit dan maju, saya sudah berkeliling Sabang sejak tiba dua bulan yang lalu dan dalam waktu dua bulan ini sudah ada peningkatan untuk meningkatkan Pariwisata di Sabang,” ujarnya. [Diki Arjuna]

Related posts