Peringati Hardikda ke 58, Aceh target berada diposisi 5 Nasional

Peringatan upacara bendera Hardikda ke 58 di Langsa, Kamis (7/9). (Kanal Aceh/Erza)

Langsa (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Langsa menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke 58 Tahun 2017 di Lapangan Merdeka Langsa, Kamis (7/9).

Upacara peringatan Hardikda yang dihadiri segenap unsur Forkopimda itu juga diikuti peserta dari ASN, PGRI, SMA/SMK, SMP sederajat dan para siswa siswi SD Negeri Pemerintah Kota Langsa.

Pada acara itu Walikota Langsa, Usman Abdullah, membacakan amanat Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf terkait dengan peringatan Hardikda di Aceh.

Dimana, anggaran yang selama ini digunakan untuk melatih guru telah menunjukkan hasil yang sangat signifikan. Hal itu dibuktikan dengan indikator kompetensi guru dalam mengelola pelajaran peserta didik dan secara nasional telah menempatkan Aceh diranking ke-23 dari sebelumnya diurutan ke-32.

Kemudian dikompetensi profesional secara nasional berada pada posisi rangking ke-29 yang sebelumnya juga duduk dirangking ke-32.

Oleh karena itu, ia mengharapkan para pemangku kepentingan harus berfikir kritis dalam mencari penyelesaian, sehingga persoalan pendidikan di Provinsi Aceh dapat teratasi secara efektif dan tepat sasaran.

“Pada gilirannya harapan peningkatan kompetensi guru di Provinsi Aceh bisa mencapai titik maksimal, setidaknya Aceh secara nasional capaian rangkingnya bisa diposisi 5 besar,” ujarnya.

Keseriusan Provinsi Aceh, kata dia, dalam memperhatikan kemajuan pendidikan tidaklah main-main, dimana setiap tahunnya 20 persen anggaran APBD dikucurkan untuk pendidikan, tidak termasuk alokasi tambahan dari dana Otsus dan lainnya.

Apalagi saat ini didukung dengan Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, mulai tahun ini ada pembagian tanggung jawab dalam mengelola pendidikan antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota. [Erza]

Related posts