Gempa 8,2 SR guncang Meksiko, berpotensi tsunami

Gempa 8,2 SR di Meksiko, tak berdampak ke Indonesia
Warga Meksiko berlarian ke jalan setelah gempa besar berkekuatan 8,2 SR mengguncang negara tersebut. (Foto: Reuters)

Meksiko (KANALACEH.COM) – Gempa besar berkekuatan 8,2 skala richter (SR) mengguncang Meksiko, tepatnya pada 60 mil dari garis pantai. Badan Geologi Amerika Serikat (AS) melansir, guncangan gempa dikhawatirkan memicu tsunami.

Dilaporkan NBC, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (8/9), guncangan gempa dirasakan sepanjang Meksiko, menggoyang gedung-gedung di Ibu Kota negeri. Orang-orang di Mexico City berlarian ke jalan sesaat setelah guncangan gempa, demikian dilaporkan Reuters.

Pusat gempa adalah 122 km barat daya Pijijiapan, di kedalaman 33 km. Bahkan, laporan gempa mengindikasikan guncangan terasa hingga Austin, Texas. Padahal, Austin berjarak sekira 2.220 km dari Pijijiapan.

Pusat Peringatan Tsunami menyatakan ancaman tsunami akibat gempa.

Gempa terakhir yang mengguncang Meksiko tercatat pada 2014. Kala itu, gempa dengan kekuatan 7,4 SR mengguncang Kota Guerrero, di dekat Acapulco pada 18 April 2014. Sementara itu, Meksiko terakhir kali mengalami guncangan gempa hingga 8,0 SR pada 1995 sekira 3 km dari El Colomo.

Pada 2011, gempa 8,9 SR terasa di sepanjang garis pantai Jepang. Gempa menyebabkan tsunami yang menewaskan lebih dari 10 ribu orang. Fenomena alam ini juga mematikan sistem pendingin di reaktor nuklir Fukushima Daiichi milik perusahaan Tokyo Electric Power. Akibatnya, kinerja reaktor gagal dan menyebarkan radiasi ke udara, tanah dan laut. [Okezone]

Related posts