Besok, pesawat yang bawa bantuan untuk Rohingya transit di SIM Aceh Besar
Dokumentasi - Pesawat Hercules yang mengangkut bantuan bagi pengungsi Rohingya di Bangladesh transit di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Rabu (13/9). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Landasan Udara Sultan Iskandar Muda (Lanud SIM) jadi posko pengiriman bantuan kemanusian untuk  Rohingya yang saat ini mengungsi di Negara Bangladesh.

Sementara, Halim Perdana Kusuma dijadikan posko untuk bagian pulau Jawa dan sekitarnya. Hal ini dilakukan guna mempermudah akses transportasi untuk pengiriman bantuan kemanusiaan.

Baca: Transit di Aceh, besok pesawat pengangkut bantuan untuk Rohingya terbang ke Bangladesh

Hal itu dikatakan oleh Direktur Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Junjung Tambunan saat melakukan transit di Lanud SIM bersama empat pesawat Hercules, Rabu (13/9). Rencananya besok pagi akan bergerak ke Bandara cittagong, Bangladesh.

Junjung Tambunan yang turut ikut langsung mengantar bantuan logistik menjelaskan, untuk wilayah Sumatera, Lanud SIM akan menjadi posko pengiriman bantuan ke Bangladesh untuk Rohingya.

Sementara, di Lanud SIM sudah berdiri posko kemanusian. “Untuk wilayah sumatera itu bisa bergeser kesini (Lanud SIM) dan untuk wilayah jawa dan sekitarnya bisa di Halim Perdana Kusuma,” katanya.

Selain menjadi tempat transit dan posko bantuan, di lanud SIM nantinya akan disiagakan pesawat Hercules yang akan siap diterbangkan mengangkut bantuan kapan saja bila diperlukan. “Ini untuk memudahkan akses kita ke lokasi,” pungkasnya. [Randi]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan