Transit di Aceh, besok pesawat pengangkut bantuan untuk Rohingya terbang ke Bangladesh

Bantuan Indonesia belum tiba di pengungsi Rohingya
Pesawat Hercules yang mengangkut bantuan bagi pengungsi Rohingya di Bangladesh transit di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Rabu (13/9). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Empat pesawat Hercules yang mengangkut bantuan kemanusian bagi Rohingya transit terlebih dahulu di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Rabu (13/9).

Keempat pesawat yang mengangkut 34 ton bantuan itu direncanakan akan melanjutkan perjalanan ke Cittagong, Bangladesh pada Kamis (14/9) besok sekitar pukul 06:00 WIB. Dua pesawat terbang terlebih dahulu, disusul dua pesawat lainnya.

“Jam 06:00 WIB dua pesawat, diikuti interval waktu sekitar dua jam kemudian dua pesawat berikutnya,” kata Dansatgas Civic Mission Undonesia, Marsma TNI Nanang Santoso, di Lanud SIM.

Baca: Lanud SIM jadi posko bantuan Rohingya untuk wilayah Sumatera

Perjalanan dari Aceh ke Bangladesh diperkirakan memakan waktu sekitar 4 jam 30 menit.

Dikatakannya, keempat pesawat Hercules A-1319, A-1326, A-1335, dan A-1316 memang tidak diberangkatkan langsung menuju Bangladesh. Sebab kondisi bandara di Cittagong yang tidak memungkinkan menerima empat pesawat Hercules dari Indonesia secara sekaligus.

Pesawat ini mengangkut jenis bantuan seperti selimut, tenda pengungsi, flexible tank, family kit, sandang, gula dan beras.

Presiden Joko Widodo sebelumnya, melepas 34 ton bantuan dari Pemerintah Indonesia untuk pengungsi Rohingya. Bantuan tersebut dikirim ke perbatasan Bangladesh-Myanmar.

Penyerahan bantuan oleh Presiden Jokowi, secara simbolik diberikan kepada koordinator tim yang juga Direktur Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Junjungan Tambunan, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. [Randi]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan