Waduh! Helikopter Rusia tak sengaja tembak penonton saat latihan militer dengan roket

Waduh! Helikopter Rusia tak sengaja tembak penonton saat latihan militer dengan roket
Ledakan roket saat latihan militer Rusia. (Telegraph)

Yekaterinburg (KANALACEH.COM) – Setidaknya dua orang terluka dan dua mobil terbakar akibat ledakan roket yang tak sengaja ditembakkan sebuah helikopter Rusia. Insiden tersebut terjadi dalam perhelatan latihan militer Rusia Zapad 2017 di Lapangan Luzhki di luar kota St. Petersburg.

Berdasarkan laporan yang dilansir media Rusia, 66.ru, dua helikopter militer Rusia sedang mengejar sebuah target saat salah satu di antaranya secara tak sengaja menembakkan roket udara ke darat ke arah warga sipil yang menonton. Dalam video yang beredar, helikopter tersebut terlihat menembakkan roket ke arah seorang pria yang sedang berjalan di antara tiga mobil.

“Helikopter itu berjarak 500 meter dari sasaran. Mereka mengaktifkan rantai senjata, tapi ada yang mengalami malfungsi, dan roket diluncurkan,” demikian keterangan seorang sumber kepada 66.ru sebagaimana dikutip Telegraph, Rabu (20/9).

Dua orang yang terluka dalam kejadian itu diduga merupakan jurnalis yang meliput. Mereka dilarikan ke rumah sakit dengan luka-luka serius.

Mengutip sumber anonim dari Kementerian Pertahanan Rusia, media lokal RBC Newsmelaporkan insiden di Lapangan Luzhki itu terjadi pada 16 September. Sumber itu mengklaim tiga orang terluka dalam kejadian itu, tetapi tidak ada korban dari warga sipil.

Kementerian Pertahanan membantah laporan yang menyebutkan terjadinya penembakan roket ke arah warga sipil. Namun, mereka mengonfirmasi ada helikopter militer yang menembakkan roket ke arah lapangan parkir dan merusak sebuah truk militer yang kosong.

“Informasi mengenai ‘banyak orang terluka parah’ adalah provokasi yang disengaja, atau kekonyolan pribadi seseorang,” kata seorang pejabat kementerian.

Zapad 2017 adalah latihan militer gabungan skala besar Rusia dan Belarus yang akan berlangsung dari 14 sampai 20 September 2017. Kremlin mengatakan, sekira 13 ribu tentara bersama 140 tank, 150 artileri dan unit pertahanan udara serta 40 pesawat dan helikopter ikut berpartisipasi dalam latihan militer tersebut. [Okezone]

Related posts