Google resmi akuisisi HTC senilai Rp 14 Triliun

Google resmi akuisisi HTC senilai Rp 14 Triliun
(img/lst)

Jakarta – Tak lama setelah munculnya pertanda bakal diakuisisinya HTC oleh Google, kabar ini pun terwujud.

Google resmi akuisisi HTC senilai Rp 14 Triliun atau USD 1,1 Milliar. HTC juga dipastikan akan memperoleh angka transaksi tersebut dalam bentuk tunai sepenuhnya.

Akuisisi ini hanya dilakukan Google terhadap sebagian bisnis HTC, yang fokus pada perangkat seperti ponsel dan virtual reality (VR).

Dalam perjanjiannya Google berhak atas sejumlah tim HTC, yang sebagian merupakan orang-orang yang dipercaya dalam pengembangan ponsel Pixel besutan Google. Termasuk sejumlah lisensi non-eksklusif kepunyaan HTC.

Sementara itu alasan di balik akuisisi yang dilakukan Google tersebut disebut-sebut sebagai upaya raksasa internet ini mewujudkan ambisinya yang ingin serius menggeluti bisnis ponsel, dan VR.

“Kesepakatan ini merupakan langkah cemerlang berikutnya dalam kemitraan jangka panjang kami, yang memungkinkan Google untuk menggeber bisnis perangkat keras mereka sambil memastikan inovasi lanjutan di ponsel HTC dan bisnis virtual reality VIVE kami,” ujar Cher Wang, CEO HTC, seperti dikutip dari CNBC, Kamis (21/9/2017).

Lebih lanjut, Google Senior Vice President Hardware Rick Osterloh, mengatakan akuisisi terhadap HTC ini akan membantu Google untuk mewujudkan inovasi atas perangkat-perangkat Made of Google ke depannya.

Adapun perangkat yang dimaksud antara lain adalah ponsel Pixel, Google Home, Headset VR DayDream, dan Chromecast.

“Itu alasan kami menandatangani kesepakatan dengan HTC, yang akan memberi lebih banyak inovasi produk di tahun-tahun mendatang,” kata Osterloh. (detik)

Related posts