Jusuf Kalla minta penerima beasiswa LPDP tidak jadi PNS

Wapres JK minta warga belajar hadapi bencana dari korban tsunami Aceh
Dokumentasi - Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla memberi sambutan saat acara peresmian wajah baru Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Sabtu (13/5). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap para penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) belajar dengan sungguh-sungguh. Sekembalinya pulang ke tanah air, mereka diharapkan melakukan inovasi, bukan menjadi Pegawai Negeri Sipil.

“Kami ingin mereka masuk berinovasi, jangan tergantung pemerintah,” kata Kalla seusai melakukan pembekalan pada penerima beasiswa LPDP di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (27/6).

Kalla mengatakan penerima beasiswa LPDP bukan didesain untuk menjadi PNS. Beasiswa ini berbeda dengan beasiswa yang diberikan bagi PNS, misalnya di lingkungan Bappenas, Kementerian Keuangan, dan lainnya. Karena itu, seusainya mereka kuliah, penerima beasiswa LPDP diharapkan menjadi generasi muda yang makin berilmu dan siap bersaing, terutama di bidang sains dan teknologi.

Tuntutan mampu berinovasi ini terlihat dari tidak adanya ikatan dinas untuk bekerja di pemerintahan bagi penerima beasiswa LPDP. “Tidak ada ikatan dinas, makanya tadi cuma satu, harus belajar dengan betul,” kata Jusuf Kalla, seperti dilansir laman Tempo.co.

Dia mengingatkan para penerima beasiswa LPDP berutang secara moral kepada negara dan rakyat yang membiayai kebutuhan keuangan mereka selama kuliah.

Pembekalan penerima beasiswa LPDP diikuti 123 orang, terdiri dari 53 laki-laki dan 70 perempuan. Mereka akan melanjutkan studi dengan berbagai variasi jurusan kuliah, diantaranya di bidang kesehatan, teknik, pendidikan, sosial, bahasa, dokter spesialis, hukum, sains, pertanian, serta ekonomi dan bisnis. Mereka akan belajar di berbagai negara, yakni Indonesia (85 orang), Eropa (18), Kanada (2), Amerika Serikat (6), Arab Saudi (1), Australia (8), Selandia Baru (1), Jepang (3). []

Related posts