Tampilan SIM bakal diubah

Tampilan SIM bakal diubah
Seorang penyandang disabilitas, Sri Lestari (42) memperlihatkan surat izin mengemudinya (SIM) di anjungan pantai losari, Makassar, Sulsel, Selasa (13/10). (Tribun Timur)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Demi meningkatkan keamanan, Korlantas Polri dalam waktu dekat akan mengubah tampilan surat izin mengemudi (SIM). Bahkan, perubahan sistem input data juga dibedakan.

Dijelaskan Staff ahli Konsultan IT Korlantas Polri Nanang Risma, SIM sekarang juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan, sehingga sulit dimanipulasi oleh pelaku kejahatan.

“Desain SIM baru nantinya data utama pada SIM dipindah melalui chip dan bisa dibuka melalui ponsel melalui aplikasi khusus,” kata Nanang seperti dilansir laman NTMCPolri, Kamis (28/9).

Perubahan itu nantinya diketahui akan dibarengi dengan pembuatan aplikasi ‘IVENTORY’ kartu SIM.

Aplikasi itu ditempatkan pada tingkat pusat dan tiap Polda agar memudahkan dan mengetahui perhitungan persediaan material SIM secara cepat guna mengantisipasi dari kehabisan meterial.

“Kita berencana ingin membuat aplikasi Inventory yang saling terintegrasi dengan Polda dan Juga Korlantas. Hal ini dilakukan guna meningkatkan keamanan serta pelayanan kepada masyarakat,” ujar dia. [Tribunnews]

Related posts