Cegah peredaran Pil PCC, tim gabungan razia sejumlah apotek di Langsa

Cegah peredaran Pil PCC, tim gabungan razia sejumlah apotek di Langsa
Tim gabungan memeriksa keberadaan pil PCC di sejumlah apotek di Kota Langsa, Sabtu (30/9). (Ist)

Langsa (KANALACEH.COM) – Mengantisipasi beredaranya obat pil Paracetamol Caffein Carisoprodol (PCC) di Kota Langsa, tim gabungan melakukan razia ke sejumlah apotek di kota tersebut, Sabtu (30/9). Tim gabungan tersebut terdiri dari Personel Reserse Narkoba, Reskrim Polres Langsa, BNNK dan Dinas Kesehatan Langsa.

Sasaran pemeriksaan apotek dan depot obat dilakukan dibeberapa tempat, seperti di Apotek Mutiara Farma, Apotek Razi Farma, Apotek Sahid, Apotek Al Baroekah, Apotek Doa Aneuk, Apotek Agung, Apotek Kimia Farma 1, Apotek Anggrek, Apotek Rahmat Usrina, Apotek Rahmat Annisa, Apotek Azzuhra Dua, Apotek Azizi, Apotek Medan, Apotek Raja, Apotek Bunda, Apotek Medika Langsa, Apotek Kimia Farma 2, Apotek Beta, dan Apotek Seulanga.

Kapolres Langsa, AKBP Satya Yudha Prakasa mengatakan tujuan merazia keberbagai apotek guna memastikan bahwa di Kota Langsa tidak beredar obat Pil PCC yang penyalahgunaannya bisa berhalusinasi tingkat tinggi.

“Meski tidak ditemukan adanya pil PCC atau obat ilegal lainnya, tetapi petugas juga melakukan penjelasan agar tidak memperjual-belikan obat seperti itu,” kata dia.

Satya Yudha menambahkan, jika dikemudian hari ditemukan penjualan obat PCC, maka apotek tersebut terancam sanksi, mulai dari teguran hingga pencabutan izin usaha.

Berkenaan dengan itu, Kepolisian terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan melakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengantisipasi masuknya obat Pil PCC.

“Langkah yang diambil ini merupakan antisipasi dini. Sebab, bila tidak ada kekwatiran obat PCC ini bisa saja masuk ke wilayah Langsa,” ujarnya.

Maka, sambungnya, dirinya memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk melakukan razia mengenai obat keras PCC ini, utamanya di setiap apotek dan toko obat di seluruh wilayah Kota Langsa.

“Karena saya tidak ingin kecolongan,” pungkas Satya. [Erza]

Related posts