Dua saudara memenangkan kontes Quran Dunia

(republika.co.id)

Kroasia (KANALACEH.COM) – Kompetisi membaca Alquran internasional ke-24 berlangsung di Masjid Zagreb, Kroasia pada 28 hingga 30 September 2017. Dalam lomba tersebut, ada hal yang menarik yakni dua saudara memperoleh kejuaraan dalam kategori berbeda. Keduanya adalah Hafiz Faruk Sahin yang menjadi pemenang pada kategori 15 juz dan saudaranya Hafiz Muharrem Şahin menjadi pemenang pada kategori 5 juz.

Kompetisi ini bertepatan dengan peringatan ke 30 tahun Masjid Zagreb, yakni masjid terbesar di Zagreb. Dalam kompetisi tersebut salah satu dari 6 juri Qurra Hufffadz (penghapl Quran) memberikan pertanyaan dengan membacakan surat Al Baqarah ayat 142 yang kemudian dilanjutkan oleh Hafiz Muharrem Sahin. Dalam lanjutannya Muharrem mampu melantunkannya dengan lancar dan benar. Bahkan, suaranya yang khas memukau orang-orang yang menyaksikannya.

Sedangkan saudaranya Hafiz Faruk Sahin diuji oleh dewan juri dengan surat Ali ‘Imran ayat 141. Sama dengan saudaranya, ia pun mampu melantunkannya dengan lancar dan benar. Suaranya pun tak kalah indah. Sebelumnya, Hafiz Faruk Sahin memperoleh juara dua dalam kontes pembacaan Alquran di Turki. Dalam kontes yang berlangsung saat bulan Ramadhan lalu itu, ia mendapatkan penghargaan langsung dari Presiden Turki, Tayyip Erdogan.

“Kompetisi ini dihadiri oleh 59 kontestan dari 26 negara. Para peserta diuji oleh 6 anggota dewan juri Qurra Huffadz. Kompetisi ini diadakan bertepatan dengan perayaan ke 30 tahun Masjid Zagreb dan setiap tahun partisipasinya sangat tinggi,” kata Direktur Pusat Islam, Dr Gzim Recebi seperti dilansir laman Republika.co.id, Ahad (8/10).

Faruk Sahin dan Hafiz Muharrem Şahin menerima penghargaan dari Hafiz asal Saudi dan Qatar, Kepala Pemerintah Kroasia, Mufti Aziz Hasanoviç, Direktur Pusat Islam Gzim Recebi, Imam Masjid Zagreb, dan juara dunia Hafiz Aziz Alili. Keluarga mereka menyaksikan prosesi tersebut dengan menangis karena merasa bangga. Acara diakhiri dengan upacara yang dipimpin oleh Huffadz yang terkenal dan diikuti para peserta. []

Related posts