Menteri Agama direncanakan buka Pentas PAI

(Aceh.kemenag.go.id)

Banda Aceh (KANALCEH.COM) – Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, Malam ini, Senin (9/10), direncanakan akan membuka Pentas Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional ke VIII tahun 2017 di Taman Ratu Safiatuddin, Lampriet Banda Aceh.

Gelaran Event nasional dua tahunan ini akan diikuti tidak kurang dari 1200 Peserta se Indonesia, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) dari semua provinsi di Indonesia (pentas- PAI- VIII -2017-usung-tema- Merawat Keragaman, Mantapkan Keberagaman).

Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh selaku ketua pelaksana, saat menyambut kedatangan sejumlah Kontingen Pentas PAI dari sejumlah Provinsi di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Minggu (8/10).

“InsyaAllah besok sore, Bapak Menteri Agama akan tiba di Aceh melalui Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang,”ujar Kakanwil.

Daud Pakeh mengatakan, saat ini mampir seluruh  peserta sudah berada di Banda Aceh, diprediksikan insyaallah semua peserta sudah berada di Banda Aceh Senin sore.

“Kontingen Provinsi Jambi merupakan kontingen pertama yang tiba di Aceh pada hari sabtu (7/10)”, ujar Daud Pakeh

Ia juga menjelaskan bahwa sejak pertama kali dilaksanakan Pentas PAI pada tahun 2008 kemudian pada tahun 2009-2015 selalu dilaksanakan Ibu Kota Jakarta atau pulau Jawa, jadi Pentas PAI Nasional ke 8 tahun 2017 di Aceh ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di luar Jakarta atau diluar pulau Jawa.

Hal ini terwujud berkat kerjasama dan sinergitas antara Kanwil Kementerian Agama dengan  lintas sektoral (dinas terkait) dan tentu dengan dukungan utama dari Gubernur Aceh.

Daud Pakeh menambahkan, Pentas PAI ke-VIII tahun 2017 akan menggelar sejumlah cabang perlombaan mulai dari jenjang tingkat SD, SMP dan SMA/SMK.

Ke 8 cabang yang diperlombakan itu terdiri dari Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Seni Nashid (LSN), Lomba Debat PAI (LDP) dan Lomba Kreasi Busana  (LKB).

Menurut jadwal, kegiatan yang diikuti oleh ribuan Siswa/Siswi se Indonesia ini akan berlangsung selama 5 hari, mulai dari tanggal 09 – 14 Oktober 2017.

Daud Pakeh juga mengatakan bahwa peserta, official dan kontingen datang dari seluruh Indonesia dengan jumlah mencapai ribuan peserta, belum termasuk rombongan lainnya atau penggembira dari seluruh Indonesia. “Insyaallah semoga  membawa berkah bagi masyarakat dan pemerintah Aceh,” ujar Kakanwil

Denah lokasi

Adapun Lokasi arena masing-masing Lomba Pentas PAI Nasional VIII tahun 2017 di Taman Ratu Sri Safiatuddin, Lampriet Banda Aceh.

1.Rumah Adat Subulussalam: Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putra SD

2.Rumah Adat Pidie Jaya : Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putri SD

3.Rumah Adat Bener Meriah: Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putra SMP

4.Rumah Adat Pidie: Pidato PAI Putri SD

5.Rumah Adat Langsa: Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putra SMA/SMK

6.Rumah Adat Aceh Tengah: Mushabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) Putri SD

7.Rumah Adat Aceh Tenggara: Lomba Pidato PAI Putri SMA/SMK

8.Rumah Adat Lhokseumawe: Mushabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) Putra SD

9.Rumah Adat Aceh Utara: Lomba Pidato PAI Putri SMP

10.Rumah Adat Banda Aceh: Lomba Pidato PAI Putra SMP

11.Rumah Adat Aceh Selatan : Mushabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) Putri SMP

12.Rumah Adat Aceh Besar: Mushabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) Putra SMP

13.Panggung Utama Pembukaan/Penutupan: Lomba Nasyid PAI Putra/Putri SMA/SMK

14.Aula Akabah Hotel Mekkah Lantai 6: Lomba Kaligrafi Islami.

15.Aula Hotel Jeumpa: Lomba Cerdas Cermat PAI Putra/Putri SD

16.Aula Hotel Daka Lantai 1 dan 2

-Lomba Debat Putra/Putri SMA/SMK

-Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putri SMA/SMK

17.Dayah Inshafuddin: Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putra SMP

18.Lapangan Basket Lampriet: Lomba Pidato PAI Putra SMA/SMK

19.Dinas Pemuda dan Olah Raga: Lomba Cerdas Cermat PAI Putra/Putri SMP

20.Aula Serbaguna Kantor Gubernur Aceh: Seminar Pentas PAI Nasional

21.Grand Nanggroe Hotel; Rakornas PAI se-Indonesia.[KemenagAceh]

Related posts