Kemenpar dan Disbudpar Sabang laksanakan Gerakan Sadar Wisata

Kemenpar dan Disbudpar Sabang laksanakan Gerakan Sadar Wisata
Pembukaan acara Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona, Kamis (12/10) di Sabang Fair. (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Kementerian Pariwisata bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang melaksanakan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona, Kamis (12/10).

Kegiatan tersebut berlangsung di kawasan wisata Sabang Fair. Hadir pada acara tersebut unsur Forkopimda Kota Sabang, Kepala SKPK, Organisasi masyarakat dan tokoh masyarakat lainnya.

Kepala Bidang Jejaring Wisata Kemenko Maritim, Edi Susilo mengatakan, sebagai koordinator kegiatan Sail Sabang 2017 pihak Ke Kemenko Maritim akan terus mendorong Kementerian lain untuk bisa mensukseskan kegiatan ini.

Untuk itu diharapkan agar destinasi-destinasi wisata yang ada di Kota Sabang harus segera dipersiapkan karena yang akan hadir bukannya wisatawan domestik tetapi wisatawan mancanegara.

Edi susilo juga mengatakan, yang menarik dan ini menjadi satu peluang bagi Pemko Sabang dan masyarakat dalam upaya mengembangkan ekonomi lokal dalam hal pariwisata.

Asdep Tata kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Pariwisata Oneng Setia Harini mengatakan, pihaknya bertanggung jawab dalam menyiapkan masyarakat agar bisa mendapatkan manfaat ekonomi pada Sail Sabang 2017 nanti.

Sosialisasi kepada masyarakat dipandang perlu agar masyarakat punya peran bersama-sama dalam membangun pariwisata dengan menjadi tuan rumah yang baik dengan mengimplementasikan unsur-unsur sapta pesona aman, tertib, bersih, sejuk dan indah.

Lanjut dikatakan, pihaknya telah melakukan pelatihan dan pembekalan kepada 40 pemilik dan pengelola home stay di Sabang terkait dengan bagaimana pelayanan terhadap tamu dan program untuk pemasarannya.

Wakil Walikota Sabang Drs Suradji Junus mengatakan, telah membentuk panitia lokal untuk mensukseskan Sail Sabang 2017 dan telah rutin melakukan kegiatan gotong-royong hampir diseluruh pelosok dalam Kota Sabang.

Sail Sabang akan berpusat di Kawasan Pelabuhan CT 3 milik BPKS sementara kawasan Sabang Fair hanya sebagai pendukung untuk kegiatan-kegiatan masyarakat seperti kuliner atau pameran hasil karya masyarakat.

“Untuk kegiatan yang lebih besar akan kita lakukan di Pelabuhan CT 3 milik BPKS, kawasan Sabang Fair hanya sebagai pendukung untuk kegiatan-kegiatan masyarakat seperti kuliner atau pameran,” katanya. [Diki Arjuna]

Related posts