Republika.co.id

Jakarta (KANALACEH.COM) – Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan pihaknya memberi jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali, termasuk bagi atlet dari berbagai cabang olahraga.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) BPJS Kesehatan Nopi Hidayat mengatakan, syaratnya hanyalah pemain sepak bola tersebut telah terdaftar dan membayar iuran secara aktif sebagai peserta.

“Pendaftaran baru aktif dengan membayar iuran melalui virtual account setelah 14 hari mendaftar. Sejak dibayar, maka status peserta aktif dan dapat menerima penjaminan pelayanan,” ujar Nopi kepada seperti dilansir laman CNN, Selasa (17/10).

Namun, Nopi menekankan, tak ada perlakuan khusus kepada pemain sepak bola bila dibandingkan dengan masyarakat biasa. Sebab, seluruh peserta dipastikan akan mendapatkan pelayanan yang sama, baik yang Penerima Bantuan Iuran (PBI) maupun yang mandiri.

“Untuk pelayanan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, tidak ada pembedaan perlakuan,” katanya.

Dari sisi pelayanan, dia mengatakan, BPJS Kesehatan sejatinya akan terus memberikan peningkatan pelayanan, termasuk kepada para pemain sepak bola.

Harapan Pemain

Sebelumnya, ada harapan dari para pemain sepak bola agar ada jaminan kesehatan khusus kepada para pemain di lapangan hijau. Sebab, ada risiko besar yang harus ditanggung ketika berlaga.

Salah satunya datang dari Kapten Semen Padang Hengki Ardiles. Menurutnya, sudah seharusnya klub memberikan jaminan tersebut dan dicantumkan pula dalam kontrak kerja.

Hak itu sebenarnya juga tercantum dalam Pasal 3 ayat (3) regulasi kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) Liga 1 2017. “Klub diwajibkan untuk menyediakan proteksi terhadap para pemain baik dalam bentuk asuransi maupun proteksi lainnya,” tulis aturan itu.

Jaminan kesehatan kepada pemain sangat dibutuhkan agar cedera hingga kecelakaan saat pertandingan bisa diatasi. Salah satunya, seperti kecelakaan yang terjadi pada akhir pekan lalu, saat pertandingan Persela melawan Semen Padang. []

Komentar Facebook
AdsSelamat menunaikan ibadah puasa 1439H, Tarmilin Usman, SE, M.Si - Ketua PWI Aceh
Ucapan Selamat Kepada Kabupaten Pidie meraih penghargaan WTP