4 makanan selain permen yang mengancam kesehatan gigi

Ilustrasi.

(KANALACEH.COM) – Selama ini banyak orang menyalahkan permen sebagai salah satu makanan yang sangat potensial merusak gigi, padahal sebenarnya banyak juga makanan lain yang justru memberikan efek lebih buruk dibanding kandungan gula pada permen.

Dilansir dari Okezone.com, Rabu (18/10) seorang dokter gigi Mark Burhenne  mengungkapkan 4 makanan yang mengancam kesehatan gigi.

Salty crackers

Dr. Burhenne mengungkapkan salty crackers atau biskuit cracker asin lebih berbahaya untuk kesehatan gigi. “Biskuit ini terbuat dari pati yang difermentasi. Banyak orang tidak menyadari, dalam prosesnya, biskuit ini banyak mengandung bahan kimia yang secara alami memicu peningkatan indeks glikemik. Atau dalam kata lain biskuit ini memicu timbulnya sifat kariogenik atau penyebab rongga pada gigi,” kata Dr. Burhenne.

Buah kering

Proses pembuatan buah kering disertai juga dengan penambahan gula yang cukup pekat. Kandungan air pada buah segar sengaja dihilangkan sehingga kandungan gula menjadi sangat terkonsentrasi.

Alhasil buah kering menjadi lebih lengket dan bertekstur seperti karamel yang melekat di gigi dan rongga mulut. Ketika buah kering ini melekat di gigi maka akan menyebabkan hadirnya bakteri dan gula yang memicu kerusakan gigi.

Obat batuk hisap

Obat batuk hisap ini sekilas memiliki bentuk dan rasa seperti permen, namun didalamnya mengandung zat aktif yang meredakan batuk. Menghisap obat batuk ini sangat menyenangkan karena rasanya enak dan meredakan batuk dengan optimal tapi dibalik obat ini akan ada potensi besar yang siap merusak gigi.

Menurut Dr. Burhenne menghisap obat batuk ini dalam waktu yang lama sama saja seperti membiarkan gigi Anda terkena gula dan zat asam yang memicu hadirnya rongga di gigi.

Biskuit bentuk ikan

Pernah melihat biskuit bentuk ikan? Ya, biskuit yang cantik dan menarik ini memang lezat tapi jangan terkecoh dengan rasanya. Biskuit ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga membuat teksturnya lengket dan semakin banyak Anda menyantapnya maka akan semakin banyak plak yang menempel di gigi. Ganti camilan Anda dengan buah-buahan segar yang jauh lebih sehat untuk tubuh dan juga untuk gigi, misalnya buah apel. []

Related posts