Keluarga besar peringati 107 tahun Cut Nyak Meutia

Keluarga besar peringati 107 tahun Cut Nyak Meutia
Peringatan 107 tahun meninggalnya Pahlawan Nasional asal Aceh, Cut Nyak Meutia di Gampong Masjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, Minggu (22/10). (Kanal Aceh/Rajali Samidan)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Peringatan 107 tahun meninggalnya Pahlawan Nasional asal Aceh, Cut Nyak Meutia diperingati di komplek rumah adat Cut Nyak Meutia di Gampong Masjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, Minggu (22/10).

Dalam memperingati ukhuwah silaturahmi dan semangat kebersamaan (Haul) itu dibuat oleh keluarga besar keturunan Cut Nyak Meutia, baik yang berada di Aceh maupun luar Aceh.

Ketua panitia Tgk Muslim At Thahiry dalam sambutannya mengatakan tujuan diadakan silaturrahmi guna mempererat kekompakan keluarga besar Cut Nyak Meutia guna meneruskan perjuangan pahlawan dan juga memohon kepada Pemerintah Aceh maupun Aceh Utara untuk mengembalikan situs sejarah ini agar ada yang mengunjungi.

“Karena selama ini di rumah adat ini tidak ada yang bisa diperlihatkan, kami berharap agar segera membangun jalan menuju makam Cut Nyak Meutia,” katanya yang juga Ketua FPI Aceh.

Cucu Cut Nyak Meutia, Teuku Rusli mengatakan dengan silaturrahmi inilah dapat bersatu sehingga bisa mengadakan acara Haul ini. “ami keluarga besar mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan acara ini dan mengharapkan semoga kedepan bisa dilaksanakan setiap tahunnya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Staf Ahli Pangdam IM Kol Caj, Dr Ahmat Husein disela-sela acara tersebut mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya.

“Selanjutnya tugas kita melanjutkan perjuangan beliau. Kami dari Kodam Iskandar Muda terus berjuang demi bangsa kita,” kata Ahmat. [Rajali Samidan]

Related posts