6 provinsi ikut kejuaraan catur mahasiswa se-Sumatera di Unsyiah

6 provinsi ikut kejuaraan catur mahasiswa se-Sumatera di Unsyiah
Ilustrasi - Lomba catur.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Para pecatur dari perguruan tinggi di enam provinsi dipastikan ambil bagian dalam kejuaraan catur antar mahasiswa se-Sumatera yang akan digelar di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh pada Sabtu (11/11) hingga Minggu (12/11).

Adapun provinsi yang berlaga dalam kejuaraan memperebutkan piala Rektor Unsyiah, yakni Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur Unsyiah, Rayzi Maulizhar mengungkapkan peserta yang sudah menyatakan ikut dalam kejuaraan Piala Rektor Unsyiah tahun ini berasal dari Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat, Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Jambi, Universitas Bengkulu (Unib) Bengkulu dan Universitas dari Sumatera Selatan.

“Kami menyediakan hadiah total Rp 11 juta. Para pecatur dari perguruan tinggi dari enam provinsi tersebut sudah mengkonfirmasi keikutsertaannya,” ujarnya Rabu (8/11) dalam siaran persnya.

Secara terpisah, Ketua Dewan Pertimbangan UKM Catur Unsyiah, Dian Maulana menyebutkan setelah sukses pelaksanaan pertama tahun lalu yang diiikuti lima provinsi, maka kejuaraan catur mahasiswa se- Sumatera tahun ini dilanjutkan kembali.

Tujuan utamanya, sebut sarjana ilmu politik alumni Unsyiah ini, menargetkan silaturrahmi sesama pecatur mahasiswa sekaligus meningkatkan frekwensi bertanding formal atlet 50 babak pertahun.

“Kejuaraan ini dapat mengejar kekurangan jam terbang pecatur mahasiswa Aceh dan Sumatera dari atlet di Pulau Jawa yang rutin mengadakan even,” ujar Wasit Nasional Pratama (WNP) ini.

Sementara itu, ketua panitia Fariz Tanjung mengatakan kejuaraan catur antar mahasiswa se-Sumatera ini mempertandingkan kategori putra dan putri.

Tahun lalu, kejuaraan catur Piala Raktor Unsyiah I, kelompok putra dijuarai oleh Rahman Saragih dari USU dan kelompok putri diraih oleh Famela Naridha dari Unsyiah. [Aidil/rel]

Related posts