Banjir bandang, jalan Singkil – Subulussalam tak bisa dilalui

Banjir bandang, jalan Singkil - Subulussalam tak bisa dilalui
Ilustrasi. (ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan delapan desa di Kabupaten Aceh Singkil terendam banjir, pada Rabu (8/11).

Ketinggian air akibat banjir bandang itu mencapai 2 meter. Kejadian itu tepatanya di Desa Bulusema, Kecamatan Suro, Aceh Singkil. Sehingga, jalan nasional penghubung Aceh Singkil – Subulussalam tidak bisa dilalui kendaraan.

“Akibat banjir itu satu unit mobil avanza yang nekat menerobos terseret banjir, ” Kata Alidin, Kepala Seksi Penanggulangan Bencana Dinas Sosial Aceh Singkil saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Ads

Adapun kedelapan desa yang terkena banjir itu ialah, Desa Ujung Limus, Silatong, Tanjung Mas, Cububukan, Serasah, Lae Riman, Desa Lipat Kajang dan Desa Kain Golong. Sehingga, sekitar 1.738 jiwa terdampak banjir bandang.

Saat ini, kata Alaidin, ditempat yang tinggi mulai didirikan dapur umum bagi para warga yang terdampak.

BPBD juga telah menurunkan speed boat ke lokasi dan mobil truk untuk membantu warga menyebrang. “Warga yang terkena banjir mulai mengungsi ke rumah warga lainya yang tidak terkena banjir,” sebutnya.

Terputusnya akses jalan nenyebabkan antrian kendaraan dari arah Singkil-Subulussalam dan sebaliknya mengular. Petugas kepolisian dan TNI berjaga-jaga di lokasi genangan banjir. [Randi]