Darjo apresiasi peningkatan hasil produksi gabah di Aceh Utara

Darjo apresiasi peningkatan hasil produksi gabah di Aceh Utara
Panen raya di persawahan Gampong Trieng, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, Rabu (15/11). (Kanal Aceh/Rajali Samidan)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, Hasanuddin Darjo mengapresiasi peningkatan hasil produksi gabah di Kabupaten Aceh Utara.

Hal tersebut diungkapkan saat menghadiri kegiatan panen raya di persawahan Gampong Trieng, Kecamatan Tanah Luas, Rabu (15/11).

Hasanuddin Darjo dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kerjasama semua pihak baik penyuluh pertanian, mantri tani kecamatan, PHP POPT, kelompok tani sehingga target produksi dan produktivitas tercapai.

Lanjutnya, sebagaimana hasil pengambilan ubinan di lokasi panen tersebut mencapai 8,1 ton per hektar. Dan bila dibandingkan dengan target rata-rata produksi padi di Aceh Utara hanya 5,3 ton per hektar.

“Ini capaian yang luar biasa dan patut diapresiasi semua pihak dan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara khususnya Bapak Bupati atas dukungan pembangunan pertanian,” ujar Darjo.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara, Syarifuddin. Menurutnya saat ini Aceh Utara menjadi kabupaten pemasok benih padi ke kabupaten-kabupaten lainnya di Aceh, diharapkan adanya penambahan luas tanam untuk meningkatkan hasil.

“Kami harapkan untuk ke depan dapat ditingkatkan lagi hasil produksinya dengan cara mengikuti teknologi dan anjuran dari penyuluh pertanian dalam berbudidaya menjadi tepat, kemudian memanfaatkan balai penyuluhan pertanian sebagai tempat pelajaran dalam mengadopsi teknologi terbaru untuk menuju peningkatan produksi dan swasembada pangan,” ungkapnya.

Kegiatan panen raya tersebut turut dihadiri Staf Ahli Kementerian Pertanian Ir Mukhti Sardjono, Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Kav Fadjar WB, serta unsur lainnya. [Rajali Samidan]

Related posts