Pemko Langsa bangun Hutan Kota disekitaran TPA

Pemko Langsa bangun Hutan Kota disekitaran TPA
Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid menanam pohon di Hutan Kota sekitaran TPA Pondok Kemuning, Selasa (14/11). (Kanal Aceh/Erza)

Langsa (KANALACEH.COM) – Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid meresmikan Hutan Kota Langsa yang terletak di sekitaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama, Selasa (14/11).

Hutan kota itu dibuat karena merupakan salah satu program 100 Hari Kerja Abdullah Usman-Marzuki Hamid (Umara) jilid II.

Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Lingkungan Hidup Kota Langsa, Umar menyebutkan saat ini Pemerintah Kota Langsa telah menanam sebanyak 30.000 pohon di hutan kota yang dominannya ditanam pohon asan.

“Kegiatan ini juga didukung dengan bantuan dari Balai PDASHL Provinsi Aceh sebanyak 10.000 batang berbagai jenis pohon. Bantuan bibit dari Provinsi Aceh ini merupakan bibit-bibit yang berkualitas,” jelas Umar.

Menyahuti hal ini Kepala Balai PDASHL Krueng Aceh, Provinsi Aceh, Ahmad Sofyan menjelaskan, areal Hutan Kota Pondok Kemuning yang luasnya 36 hektar ini direncanakan akan ditanami jenis tanaman buah-buahan dan nantinya akan menjadi kebun buah.

“Hutan ini merupakan hulu daerah aliran sungai dari Aceh Tamiang juga, sehingga harus kita kembalikan seperti kondisi semula,” ujarnya.

Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid dalam sambutannya meminta kepada Dinas Kebersihan Pertamanan dan Lingkungan Hidup Kota Langsa untuk dapat menjaga kondisi TPA agar tidak menimbulkan aroma bau yang tidak sedap, sehingga meresahkan warga yang datang ke hutan kota.

“Tentunya dengan pengelolaan sampah yang baik pula sehingga nantinya TPA ini diharapkan dapat difungsikan dengan baik,” katanya.

Marzuki Hamid berharap, sampah yang ada di TPA semakin berkurang, agar TPA tersebut tidak hanya berfungsi sebagai tempat pembuangan sampah saja, tetapi juga dapat berfungsi sebagai tempat wisata dan edukasi anak-anak. [Erza]

Related posts