Banda Aceh terbaik soal investasi 2017

Banda Aceh terbaik soal investasi 2017
Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menyerahkan penghargaan kepada Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, Kamis (16/11) di Hotel Sangri-La, Jakarta. (Humas Pemko Banda Aceh)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kota Banda Aceh meraih penghargaan Aceh Investment Award (AIA) 2017. Kota yang dipimpin Aminullah Usman dinilai mampu menghadirkan layanan perizinan terbaik dan juga promosi sehingga mampu menarik investasi lebih banyak ke Banda Aceh.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf kepada Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman, Kamis (16/11) di Hotel Sangri-La, Jakarta.

Pada proses penilaian yang dilaksanakan Oktober 2017 lalu, Banda Aceh menempati peringkat pertama dan diikuti oleh Gayo Lues, Nagan Raya, Lhokseumawe dan Aceh Besar.

Ads

Data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), prestasi ini diraih setelah melewati sejumlah penilaian oleh tim penilai independen.

Banda Aceh dinilai berhasil melakukan promosi dan memudahkan perizinan bagi investasi. Untuk tahun 2017 saja, DPMPTSP telah mengeluarkan 19 izin prinsip dengan nilai investasi mencapai Rp 850 M.

Pencapaian ini sangat signifikan bila dibandingkan dengan tahun 2016 dimana DPMPTSP mengeluarkan 11 izin prinsip dengan jumlah investasi hanya Rp 15,9 M.

Data dari DPMTSP, nilai investasi yang mencapai Rp 850 M tahun 2017 lebih banyak bergerak di sektor perdagangan dan jasa, transportasi dan perikanan.

Kemudian, Kota Banda Aceh juga dinilai mampu menata kelembagaan dan mampu melakukan pengendalian investasi. Dari sisi kelembagaan, Banda Aceh telah memiliki SOTK yang baru dan sesuai dengan Qanun. Sementara dari sisi pengendalian, Pemko selalu melakukan pengawasan, pemantauan dan pembinaan.

Dalam sejumlah kesempatan, Aminullah kerap menyampaikan dirinya akan mempermudah izin investasi di Banda Aceh. Menurut Amin, dengan semakin banyak investasi di Banda Aceh maka akan memperbanyak kesempatan bagi tenaga kerja lokal untuk mendapatkan pekerjaan dan dengan sendirinya akan menekan angka pengangguran dan kemiskinan.

Seusai menerima penghargaan, Aminullah berharap Pemerintah Pusat dapat memberikan kemudahan bagi investor yang ingin masuk ke daerah, terutama investor dari luar negeri. [Aidil/rel]