25.9 C
Banda Aceh

Banda Aceh terbaik soal investasi 2017

Headline

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kota Banda Aceh meraih penghargaan Aceh Investment Award (AIA) 2017. Kota yang dipimpin Aminullah Usman dinilai mampu menghadirkan layanan perizinan terbaik dan juga promosi sehingga mampu menarik investasi lebih banyak ke Banda Aceh.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf kepada Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman, Kamis (16/11) di Hotel Sangri-La, Jakarta.

Pada proses penilaian yang dilaksanakan Oktober 2017 lalu, Banda Aceh menempati peringkat pertama dan diikuti oleh Gayo Lues, Nagan Raya, Lhokseumawe dan Aceh Besar.

Data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), prestasi ini diraih setelah melewati sejumlah penilaian oleh tim penilai independen.

Banda Aceh dinilai berhasil melakukan promosi dan memudahkan perizinan bagi investasi. Untuk tahun 2017 saja, DPMPTSP telah mengeluarkan 19 izin prinsip dengan nilai investasi mencapai Rp 850 M.

Pencapaian ini sangat signifikan bila dibandingkan dengan tahun 2016 dimana DPMPTSP mengeluarkan 11 izin prinsip dengan jumlah investasi hanya Rp 15,9 M.

Data dari DPMTSP, nilai investasi yang mencapai Rp 850 M tahun 2017 lebih banyak bergerak di sektor perdagangan dan jasa, transportasi dan perikanan.

Kemudian, Kota Banda Aceh juga dinilai mampu menata kelembagaan dan mampu melakukan pengendalian investasi. Dari sisi kelembagaan, Banda Aceh telah memiliki SOTK yang baru dan sesuai dengan Qanun. Sementara dari sisi pengendalian, Pemko selalu melakukan pengawasan, pemantauan dan pembinaan.

Dalam sejumlah kesempatan, Aminullah kerap menyampaikan dirinya akan mempermudah izin investasi di Banda Aceh. Menurut Amin, dengan semakin banyak investasi di Banda Aceh maka akan memperbanyak kesempatan bagi tenaga kerja lokal untuk mendapatkan pekerjaan dan dengan sendirinya akan menekan angka pengangguran dan kemiskinan.

Seusai menerima penghargaan, Aminullah berharap Pemerintah Pusat dapat memberikan kemudahan bagi investor yang ingin masuk ke daerah, terutama investor dari luar negeri. [Aidil/rel]

Berita Terkait

Trending

Satgas Covid Aceh Tak Paksa Warga Harus di Suntik Vaksin

Banda Aceh (KANALACEH.COM) - Tim Satgas Covid Aceh akan memulai vaksinasi pada Jumat, 15 Januari 2021.10 pejabat prioritas akan di suntik pertama lalu diikuti...

Polisi Sita Satwa Langka di Rumah Bandar Sabu 200 Kilo di Banda Aceh

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Personel Polresta Banda Aceh dan BKSDA Aceh menyita berbagai macam hewan langka dan dilindungi dari rumah seorang gembong narkoba yang...

Usai Teler Hisap Ganja, Polisi Tangkap Keuchik di Abdya

Blangpidie (KANALACEH.COM) - Polres Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil menangkap keuchik Gampong Tokoh 1 kecamatan Manggeng inisial MA. Dirinya ditangkap pihak kepolisian diduga terlibat penyalah...

Pabrik PKS Swasta Ie Mirah Abdya Akan Segera Beroprasi

Blangpidie (KANALACEH.COM) - Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim sangat mengapresiasi pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di kecamatan Babahrot. Hal itu dikatakan saat...

Berita Terbaru