Setnov kecelakaan, polisi periksa wartawan Metro TV

Setnov kecelakaan, polisi periksa wartawan Metro TV
Mobil yang dinaiki Setya Novanto usai menabrak tiang listrik di Jalan Permata Berlian, elurahan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Kamis (16/11) malam. (Dirlantas Polda Metro Jaya)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Halim Pagarra mengatakan kepolisian sudah memeriksa empat saksi terkait dengan kecelakaan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto di Permata Hijau, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (16/11) malam.

“Ada empat saksi yang sudah diambil keterangannya, termasuk pengemudi Hilman Mattauch,” kata Halim lewat keterangan tertulis pada Jumat (17/11). Hilman Mattauch adalah wartawan Metro TV.

Hilman, menurut Halim, mengaku kurang konsentrasi saat mengemudi karena sedang menerima telepon sambil mengobrol dengan Setya Novanto. “Hilman juga mengaku lelah karena kurang tidur,” kata Halim.

Di dalam mobil, selain ada Hilman dan Setya Novanto, ada seorang penumpang lain, Reza, yang duduk di sebelah kiri Hilman. Sedangkan Novanto duduk di jok tengah sebelah kiri.

Rencana awal, kata Halim, mereka hendak ke studio Metro TV di Kompleks Pilar Mas Raya Kaveling D. Hilman menjemput Setya yang akan menjadi narasumber dalam program Prime Time News.

“Di tengah perjalanan, disepakati untuk live by phone, kemudian pengemudi bermaksud mencari tempat yang aman,” ucap Halim.

Saksi lain yang diperiksa, Halim menambahkan, adalah Suwadi, karyawan swasta, yang tinggal di Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Barat. “Saksi Suwadi mendengar benturan dalam jarak 30 meter, kemudian mendekat ke TKP, lalu mendapati mobil Fortuner B-1732-ZLO menabrak tiang listrik.”

Menurut keterangan saksi, saat itu kondisi jalan beraspal di lokasi sedang hujan gerimis dan lampu penerangan jalan menyala.

Saksi kedua, kata Halim, adalah Akrom, pengemudi angkutan kota yang sedang menunggu penumpang. Pada jarak 5 meter, Akrom melihat mobil menikung dan menabrak pohon. “Kemudian menabrak tiang listrik,” tuturnya.

Saksi ketiga adalah petugas derek mobil bernama Arafik, yang saat itu melihat posisi mobil menempel di tiang listrik. Halim menyebut Arafik melihat kerusakan mobil pada bagian kepala mesin penyok, roda depan pelek pecah dan rusak, serta kaca samping kiri bagian tengah pecah.

“Menurut saksi, posisi kendaraan menghadap ke utara dengan tiga ban di atas trotoar dan ban kiri belakang masih di aspal,” ujar Halim.

Halim mengatakan saat ini polisi tengah melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi kejadian. Sebelumnya, ditemukan beberapa kejanggalan di lokasi TKP kecelakaan tersebut. Salah satunya tiang listrik yang diduga dihantam mobil yang ditumpangi Setya tampak tidak penyok.

Hanya, tiang itu terlihat bergeser dari posisi awalnya sehingga menyebabkan trotoar yang menjadi dudukannya mengalami retak.

Sementara itu, di sekitar tiang, tampak dua pecahan kaca mobil yang berserakan masih menempel bersama dengan kaca filmnya dan pecahan logam yang diduga sebagai pelek mobil.

Tersangka kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), Setya Novanto, kini dirawat di Rumah Sakit Medika, Permata Hijau, Jakarta Barat. Ruangan tempat Setya dirawat saat ini dijaga ketat. Penyidik KPK pun sempat tidak bisa masuk ke ruang perawatan Setya. [Tempo.co]

Related posts