Ingin kenalkan kopi kepada anak? ketahui triknya berikut Ini

Ilustrasi. (google.com)

(KANALACEH.COM) – Kopi kini memang kian digemari oleh berbagai kalangan. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun ada yang mulai ingin mencicipi kopi.

Mengenalkan kopi kepada anak-anak memang sah-sah saja, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ya, salah-salah si kecil menjadi tidak suka atau bukan tak mungkin bila berdampak buruk pada anak.

Seorang pemerhati gaya hidup dan makanan, Kevindra Soemantri memberikan beberapa trik untuk mengenalkan kopi pada anak. Menurutnya, jangan langsung memberikan anak kopi secara langsung.

Untuk mengenalkan sebuah rasa kepada anak, disarankan untuk memulainya dari sesuatu yang familiar. Misalnya, untuk mengenalkan rasa pedas, bisa dimulai dari saus tomat, saus sambal, hingga sambal.

“Untuk kopi, bisa dimulai dari kue-kue beraroma kopi, misalnya cup cake aroma atau rasa kopi. Bisa pula dengan es krim mocca yang dicampur dengan rasa cokelat,” ujar pria yang akrab disapa Kevin seperti dilansir laman Okezone.com.

Ia memberi contoh sang keponakannya yang kini menyukai kopi, kesukaannya berawal dari mencoba sesuatu rasa cokelat. Cokelat memiliki cita rasa mirip kopi serta kandungan kafein.

Saat pengenalan rasa dan aroma kopi sudah dilakukan, maka si kecil perlahan akan mulai mengenal kopi seutuhnya. Kendati demikian, ada aturan takaran kafein yang tepat untuk anak.

Dr Annisa Maloveny, SpPD, menjelaskan bila anak berusia 10-12 tahun bisa mengonsumsi kafein sejumlah 85 miligram, usia 7-9 tahun sebesar 62.5 miligram kafein, dan usia 4-6 tahun sekira 45 miligram. []

Related posts