Perhelatan Sail Sabang, wisatawan yang berkunjung bisa menginap di homestay

Perhelatan Sail Sabang, 1.220 kamar hotel di Sabang sudah penuh
Hotel Sabang Hill. (google images)

Sabang (KANALACEH.COM) – Sebanyak 1.220 kamar hotel di Pulau Weh, Kota Sabang sudah penuh dipesan tamu saat perhelatan nasional Sail Sabang mulai 28 November hingga 5 Desember 2017.

Panitia Sail Sabang Seksi Akomodasi, Daud menyampaikan sebanyak 1.220 kamar hotel yang ada di seluruh kepulauan paling ujung barat Indonesia sudah dipesan untuk para tamu undangan Sail Sabang.

“Sebanyak 1.220 kamar hotel sudah ter-‘booking’ untuk tamu undangan Sail Sabang, semua kamar hotel penuh,” kata mantan Asisten II Pemerintah Kota Sabang itu ketika dimintai keterangan terkait kesiapan pelaksanaan Sail Sabang dilansir Antaranews.com.

Ia menyampaikan Panitia Sail Sabang telah mendata semua pelaku usaha homestay dan selanjutnya kamar itu akan ditawarkan kepada para wisatawan yang akan berkunjung ke Sabang selama perhelatan tahunan nasional itu.

“Semua kamar hotel dipastikan sudah penuh dan wisatawan yang datang ke Sabang akan kami tawarkan menginap di homestay atau rumah-rumah warga yang disewakan,” katanya.

Ia menyatakan, perhelatan tahunan nasional tersebut diperkirakan akan dikunjungi 5.000-an wisatawan domestik dan mancanegara.

Sail Sabang yang mengangkat tema “Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia”, direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 2 Desember 2017.

Lokasi puncak penyelenggaraan Sail Sabang difokuskan pada tiga titik yakni Teluk Sabang atau Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Sabang Fair dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Reza Fahlevi menyampaikan persiapan perhalatan even nasional “Sail Sabang” pada 28 November sampai 5 Desember 2017 sudah rampung 80 persen.

“Ya, sekarang sudah 80 persen persipannya,” kata Reza.

Menurutnya, persiapan pelaksanaan Sail Sabang tidak hanya dilakukan di kepulauan paling ujung barat Indonesia, bahkan panitia pusat (Kementerian Pariwisata) rutin menggelar rapat untuk kesiapan penyelenggaraan even tahunan nasional tersebut.

“Panitia pusat dan kita sering memanggil semua pihak yang terlibat duduk bersama membahas persiapan Sail Sabang,” ujar Reza.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh itu juga menyatakan, mulai pekan depan panitia pusat dan daerah akan bekerja ekstra di lapangan untuk menyukseskan Sail Sabang.

“Untuk menyukseskan Sail Sabang minggu depan panitia pusat dan daerah lebih banyak di Sabang agar perhelatan even nasional itu berlangsung meriah dan sukses,” ujarnya.

Sail Indonesia sebelumnya diadakan di Morotai, Maluku Utara tahun 2012; di Komodo, Nusa Tenggara Timur tahun 2013; Raja Ampat, Papua Barat tahun 2014; dan Sail Tomini, Sulawesi Tengah, Oktober 2015; Sail Karimata di Kalimantan Barat tahun 2016 dan pada 28 November sampai dengan 5 Desember 2017 akan berlangsung di Sabang, Aceh. []

Related posts