Tiba di Aceh, 988 wisatawan Islamic Cruice akan kunjungi Masjid Baiturrahman

Ke Aceh, JK hanya resmikan landscape Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman yang telah dipakai payung eletrik. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Sabang (KANALACEH.COM) – 988 wisatawan Islamic Cruise (Kapal Pesiar) MV Costa Victoria melakukan kunjungan wisata ke Mesjid Baiturrahman Banda Aceh, Pada Senin, 27 November 2017.

Kapal pesiar MV Costa Victoria ini dijadwalkan tiba di dermaga CT 3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) teluk Sabang pada Senin pagi pukul 07:00 WIB, dan direncanakan singgah selama 12 jam di Aceh.

Wakil Kepala BPKS Irwan Faisal mengatakan, kedatangan wisatawan Islamic Cruise ini merupakan kali pertama khusus wisatawan muslim yang berasal dari sejumlah negara.

Sesuai jadwal, kata dia, para wisatawan itu selain berkunjung ke Sabang juga akan melakukan studi tour ke Banda Aceh dengan tujuan utama selain berkunjung ke Mesjid Raya Baiturrahman, juga ingin melihat situs Tsunami Aceh dan lainnya.

“Dari informasi yang didapat dari agen Pelni, tercatat bahwa jumlah penumpang dan kru kapal yang akan tiba 1988 orang, dari jumlah tersebut, 988 orang diantaranya akan melakukan study tour ke Banda Aceh,” kata Irwan Faisal kepada kanalaceh.com, Minggu (26/11).

Dengan jumlah sebesar itu, lanjut Irwan, pihak BPKS bersama Pemerintah Kota Sabang dan Pemerintah Provinsi Aceh sudah menyiapkan secara matang, apalagi ini merupakan kali pertama.

Ada tiga setmen yang sudah dipersiapkan antara lain, kedatangan di pelabuhan CT3 telah dipersiapkan dengan baik. Kemudian persiapan mobilisasi dari CT3 menuju pelabuhan Balohan dengan mengunakan 28 bus bantuan dari Kementerian Perhubungan yang secara kebetulan fasilitas bus tersebut ada karena bertepatan dengan menjelang pelaksanaan Sail Sabang 2017 ini.

Selanjutnya, dari pelabuhan Balohan semua para wisatawan akan menuju pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh akan menggunakan tiga kapal cepat KMC Express Bahari milik PT Sakti Inti Makmur.

Lebih lanjut dikatakan, selepas dari semua kegiatan kunjungan tour tersebut, rombongan wisatawan islamic Cruice pada pukul 16.00 WIB akan bertolak ke Sabang menggunakan transportasi yang sama.

Bila semua wisatawan tiba di Sabang tepat waktu, akan dilanjutkan kembali melihat pameran Expo di lokasi wisata Sabang Fair. Dengan harapan dapat memberi dampak ekonomi kepada masyarakat Sabang.

“Mudah-mudahan pelayanan yang kita berikan kepada para wisatawan Islamic Cruice akan memberi kesan positif kepada mereka, dan kunjungan ini direncanakan akan menjadi agenda kunjungan tahunan,” ujarnya. [Diki Arjuna]

Related posts