Ribuan wisatawan antusias saksikan pawai budaya di Sabang

Ribuan wisatawan antusias saksikan pawai budaya di Sabang
Pawai budaya di lapangan Yos Sudarso, Sabang, Rabu (29/11) dalam rangka memeriahkan Sail Sabang. (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Walikota Sabang dan unsur Muspida kota Sabang melepas sekitar 1.165 peserta kirap dan pawai budaya di lapangan Yos Sudarso, Sabang, Rabu (29/11).

Ribuan masyarakat dan wisatawan yang menyaksikan sangat antusias menyambut kirap dan pawai budaya kali ini di Kota Sabang dan menjadi sejarah besar.

Kadisbudpar Aceh Reza Fahlevi didampingi Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Kicky Salvachdie mengatakan, Sail Sabang 2017 sengaja digelar oleh pemerintah yang bertujuan untuk mempromosikan Sabang khususnya Aceh pada umumnya sebagai Destinasi Wisata Bahari Dunia.

“Melalui even wisata bahari Sail Sabang ini, semoga Sabang khususnya dan Aceh pada umumnya akan terus dikenal dunia, sehingga wisatawan dan investor akan terus berdatangan ke Aceh,” katanya.

Lanjut dikatakan Reza, unit Marching Band AAL KRI Bima Suci dan Dewa Ruci turut memeriahkan parade tersebut dan diawali dengan tarian Nusantara siswa-siswi ekspedisi nusantara jaya.

Peserta yang mengikuti kirap terbagi dalam 3 grup yaitu grup A terdiri dari Marching band Taruna AAL, mengawali kirap dan pawai budaya Sail Sabang, selanjutnya disusul pasukan Paskibraka Sabang, exibition SMAN 2 Sabang, SDN 3 dan SMPN 3 Sabang.

Kemudian dilanjutkan Group B terdiri unit masching band BP2IP, SMK Neg 1 Sabang dan SD Pertiwi Sabang, dan Group C tetdiri Marching band Handayani,  SMPN 5, SDN 1, SMAN 1 dan pramuka.

Sejumlah acara menarik akan terus digelar dan menyusul selanjunya adalah seminar sains dan pameran, Aceh budaya, parachuting, Sabang Wonderful dan Marine Expo, Aerobatic show, fun dive, lomba memancing, Sabang Bazaar dan sejumlah pergelaran menarik lainnya.

“Sail Sabang ini, didesain secara profesional dengan melibatkan komunitas di daerah, tidak hanya untuk menarik dan menghibur semua pengunjung, tetapi juga untuk menciptakan Sail Sabang 2017 terlihat lebih berbeda dari sail-sail sebelumnya,” tambahnya. [Diki Arjuna]

Related posts