BPBA: 4 kabupaten/kota di Aceh terdampak hujan lebat

BPBA: 4 kabupaten/kota di Aceh terdampak hujan lebat
Ilustrasi.
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Empat kabupaten/kota di Provinsi Aceh terdampak akibat hujan lebat yang terus mengguyur wilayah itu sejak beberapa hari lalu. Hal itu disampaikan Koordinatir Pusdatin BPBA, Heny dalam laporannya kepada Kanalaceh.com, Sabtu (2/12).

Heny menyebutkan, adapun kabupaten/kota terdampak menurut laporan yang diterimanya adalah Kabupaten Aceh Besar, Kabupatem Aceh Timur, Kabupaten Aceh Singkil, dan Kota Subulussalam.

Untuk Kabupaten Aceh Singkil, sambungnya, 24 desa dari enam kecamatan terendam banjir, korban terdampak 22.540 jiwa.

Ads

“Masyarakat Simeulue terkena dampak juga karena KMP Labuhan Haji rute Singkil-Simeulue gagal berangkat akibat cuaca ekstrim,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk Kota Subulussalam, di Desa Cepu, Kecamatan Penanggalan terjadi tanah longsor akibat curah hujan yang tinggi.

“Akibatnya, satu rumah warga ambruk terbawa tanah longsor,” kata Heny.

Untuk Kabupaten Aceh Besar, di Desa Lampasie Eungking, Kecamatan Darul Imarah air tergenang hingga 20 cm. “Saat ini menurut laporan air sudah mulai surut,” ujar Heny.

Sementara, untuk Kabupaten Aceh Timur, di Desa Blang Senong, Kecamatan Pante Bidari air tergenang hingga ketinggian mencapai 80 cm. Sebanyak 20 KK terdampak akibat banjir itu.

“Beruntung dari semuanya tak ada korban jiwa,” jelas Heny. [Aidil Saputra]