30.3 C
Banda Aceh

Ganti biaya rokok dengan makanan bergizi, ini triknya

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

(KANALACEH.COM) – Merayakan Hari Ibu 2017, lima puluh ibu di Jakarta diajak berbelanja dan membuktikan bahwa dengan uang belanja rokok seminggu, mereka bisa berbelanja makanan bernutrisi lengkap. Kegiatan bertajun #IbuCerdas Shopping Race ini diselenggarakan oleh Komnas Pengendalian Tembakau sebagai bagian dari kampanye #RokokHarusMahal.

“Biasanya pihak istri yang paling kesusahan akibat konsumsi rokok. Gara-gara suami beli rokok, uang belanja untuk telur dan daging malah jadi berkurang. Akhirnya nutrisi anak ikut berkurang,” ujar Ketua Harian Komnas Pengendalian Tembakau, Mia Hanafiah,seperti dikutip dari VIVA.co.id, Jumat (22/12).

Sejalan dengan itu, Ahli Gizi FKM UI, Seala Septiani, M. Gizi, menerangkan bahwa dengan perhitungan 1 bungkus rokok sehari, bisa menghabiskan Rp91 ribu per minggunya. Padahal, nominal tersebut bisa dialihkan untuk biaya yang lebih bermanfaat pada makanan bernutrisi.

- Advertisement -

“Makanan bernutrisi itu pedomannya ada tiga yaitu zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur. Ketiga hal itu bisa terpenuhi dengan uang Rp91 ribu, yang kemarin-kemarin dipakai para laki-laki membeli rokok dalam seminggu,” papar Seala.

Ia menjelaskan, zat tenaga yang dimaksud adalah sumber nutrisi karbohidrat. Itu bisa diambil dari berbagai sumber nutrisi yang baik seperti gandum, roti gandum, beras merah, dan umbi-umbian.

“Untuk zat pembangun mencakup protein yang bersumber dari lauk. Sedangkan, zat pengatur mencakup vitamin dan mineral yang berasal dari buah dan sayur,” terangnya. []


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru

spot_img