Besok, Komisi III DPR RI kunjungi Lapas Lambaro

Besok, Komisi III DPR RI kunjungi Lapas Lambaro
Kebakaran di LP Kelas II Banda Aceh di Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar terbakar pada Kamis (4/1). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Rombongan dari Komisi III DPR RI akan mengunjungi Lapas Kelas II A Banda Aceh di Lambaro, yang sempat rusuh pada Kamis (4/1) pekan lalu.

Informasi itu disampaikan oleh salah seorang anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil di Banda Aceh, Rabu (10/1) malam.

“Rencananya besok pagi rombongan akan tiba di Bandara SIM Blang Bintang, dan akan menuju ke Lapas Banda Aceh di Lambaro,” ujar anggota DPR RI asal Aceh itu dalam siaran persnya kepada Kanalaceh.com.

Nasir menyebutkan, Komisi III DPR RI menyesalkan terjadinya kerusuhan di Lapas Banda Aceh itu. Menurutnya, kerusuhan itu tidak terlepas dari kesalahan dalam pengelolaan Lembaga Permasyarakatan.

Menurutnya politisi PKS itu, selama ini terkesan telah terjadi pembiaran di lapas tersebut, seperti dibiarkannya sistem tidak berjalan, dibiarkan pengawalan tidak berjalan, dibiarkan pengawasan tidak berjalan, sehingga tupoksi masing-masing pihak tidak berjalan.

“Ini karena salah kelola, ada semacam pembiaran yang dilakukan sehingga pembiaran itu membuat orang itu merasa sudah membayar semuanya, intinya karena ada pembiaran,” jelasnya.

Nasir menyebutkan jika semua pihak bekerja dan bertanggungjawab sesuai dengan tupoksinya masing-masing maka hal seperti itu tidak akan terjadi. Nasir berharap harus ada evaluasi besar-besaran terhadap lapas-lapas yang ada diseluruh Aceh, sehingga kerusuhan yang terjadi di Lapas Banda Aceh menjadi pelajaran penting bagi semua pihak untuk mengelola Lapas secara benar.

“Kalau masing-masing bertanggugjawab dengan apa yang sudah ditugaskan pasti tidak akan terjadi seperti itu, jadi ini memang membiarkan napi leluasa,” tambah Nasir. [Aidil/rel]

Related posts