Anggaran tes kesehatan peserta pilkada di Aceh Rp 15 Juta

Bakal calon kepala daerah saat melaksanakan tes kesehatan di RSUZA Banda Aceh. (ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) –16 pasangan calon di tiga daerah, Peserta Pilkada di Aceh telah usai melaksanakan tes kesehatan yang dipusatkan di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Setiap orang peserta bakal calon kepala daerah dikenai Rp 15 juta untuk tes kesehatan. Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi mengatakan, besaran anggaran itu dibayarkan oleh Pemerintah Daerah setempat, lalu di serahkan ke KIP masing-masing daerah yang menyelenggarkan Pilkada.

“Tiap orang itu anggarannya Rp 15 juta untuk tes kesehatan,” kata Ridwan Hadi saat melakukan pengecekan tes kesehatan kandidat di RSUZA, Banda Aceh.

Ads

Ia menyebutkan, di dua daerah masih ada yang belum menyerahkan biaya tes kesehatan bakal calon pasangan kepala daerah. Kedua daerah tersebut, yakni KIP Aceh Selatan dan KIP Subulussalam.

“Ada dua yang belum menyetor uang pemeriksaan, yakni Aceh Selatan dan Subulussalam,” Kata Ridwan. Ia menjelaskan biaya pemeriksaan sampai saat ini belum diserahkan oleh dua daerah tersebut kepada pihak RSUZA selaku tempat pelaksanaan.

Biaya pemeriksaan tersebut harus disetor kepada Pihak RSUZA dan biaya itu disarankan harus segera di setor dalam waktu secepatnya. Menurut Ridwan, penyebab belum dilakukan penyetoran dikarena pihak KIP kabupaten kota masih melakukan proses anggaran karena masih pada awal tahun. “Laporan dari ketua KIPnya belum ada anggaran,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemeriksaan Kesehatan, Nurhikmah menjelaskan, biaya Rp 15 juta per orang yang dikarenakan melibatkan banyak pihak dalam melakukan pemeriksaan. [Randi]

Ads