Smartphone 5G mulai hadir di akhir 2018

Ilustrasi.

(KANALACEH.COM) – Implementasi teknologi 5G untuk kebutuhan seluler semakin di depan mata. Setelah standarisasi 5G ditetapkan dan operator mulai ancang-ancang menyediakan layanannya, kini giliran smartphone siap dihadirkan untuk mendukung layanan 5G.

ZTE merupakan yang saat ini tercium serius untuk menggarap ponsel pintar 5G dalam waktu dekat ini. Untuk tahap awal, keseriusan ZTE terkait smartphone 5G akan diawali di Amerika Serikat.

Hal ini tak terlepas dari janji vendor asal China itu yang ingin memperluas portofolio bisnis mobile-nya di Negeri Paman Sam tersebut.

Dilansir dari Detik.com, Senin (15/1) CEO ZTE Lixin Cheng mengkonfirmasi dalam sebuah wawancara bahwa pihaknya berencana meluncurkan smartphone dengan kemampuan generasi jaringan kelima di Amerika Serikat pada akhir 2018 atau awal 2019.

Pengumuman ZTE ini lebih unggul ketimbang para pesaingnya, sebut saja Samsung atau Apple yang masih belum membeberkan terkait strategi mereka soal smartphone 5G pada tahun ini.

Meski demikian, rencana ZTE ini masih tergantung seberapa pesatnya perkembangan peralatan pendukung 5G di dalam beberapa bulan ke depan.

Layanan 5G kian mendekati kenyataan karena makin dekat waktu implementasinya. Diprediksikan 5G bisa dinikmati di akhir 2018 ini.

Kondisi tersebut tak lepas dari penetapan standar 5G yang oleh The 3rd Generation Partnership Project (3GPP), organisasi yang mengatur standar seluler di kancah internasional.

AT&T, operator telekomunikasi asal Amerika Serikat, telah mengumumkan rencana meluncurkan layanan 5G sesuai panduan 5G NR yang dirilis oleh 3GPP. AT&T optimis dapat menggelar layanan jaringan seluler generasi kelima itu pada akhir 2018.

“Kami bergerak cepat untuk mulai menerapkan mobile 5G tahun ini dan mulai membuka masa depan konektivitas untuk konsumen dan bisnis,” ujar Melissa Arnoldi, President AT&T Technology and Operations.

“Dengan kecepatan yang lebih ngebut dan latensi ultra rendah, 5G pada akhirnya akan memberikan dan meningkatkan pengalaman seperti virtual reality, mobil masa depan tanpa sopir, video 4K, dan banyak lagi,” sambungnya. []

Related posts