Penyebab sulit tidur di malam Hari yang harus segera diatasi

tribunnews.com

(KANALACEH.COM) – Seperti halnya makan teratur, tubuh pun harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Akan tetapi, tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan kuantitas tidur yang teratur. Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang kurang istirahat, salah satunya karena mengalami sulit tidur.

Sulit tidur, sebagaimana dikutip dari Okezone.com, Rabu (17/1) adalah sebuah kondisi di mana diri mengalami kendala untuk bisa tidur di malam hari. Sulit tidur ini bisa dikategorikan sebagai perkara susah untuk merasa kantuk ataupun sering terbangun berkali- kali sepanjang malam.

Jika tidak segera diatasi, maka dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental, salah satu contoh paling nyata dari kurang tidur ini adalah sering sakit kepala atau sulit berkonsentrasi. Akibatnya aktivitas di siang hari pun terganggu.

Lalu, sebenarnya faktor-faktor penyebab apakah yang bisa membuat seseorang mengalami sulit tidur? Penyebab sulit tidur ini sendiri disebutkan banyak ada banyak kemungkinan. Mulai dari kebiasaan tidur, gaya hidup, dan kondisi medis.

Selain itu, sulit tidur bisa juga dialami karena terlalu banyak stimulasi sebelum tidur yakni contohnya menonton televisi, bermain video game, ataupun berolahraga.

Tidak hanya itu, mengkonsumsi terlalu banyak kafein, kamar tidur yang tidak nyaman, suara bising, perasaan gembira atau semangat, kurang terkena sinar matahari, terlalu lama tidur di siang hari, sering buang air kecil, jet lag, sakit fisik, hingga mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan diketahui lebih lanjut juga bisa menyebabkan sulit tidur.

Sementara itu untuk sebagian orang, stres, rasa cemas, jadwal bekerja, hingga depresi juga dapat mempengaruhi tidur. Untuk sebagian orang lainnya, kondisi sulit tidur disebabkan oleh gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, dan sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome).[]

Related posts