Ditemukan dengan kondisi stres, warga serahkan Orangutan ke BKSDA Kutacane

Ditemukan dengan kondisi stres, warga serahkan Orangutan ke BKSDA Kutacane
Orangutan Sumatera yang diperoleh dari Darwin, warga Desa Suka Rimbun, Kecamatan Ketambe, Aceh Tenggara, Kamis (15/2). (Ist)

Kutacane (KANALACEH.COM) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Kutacane bersama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Centre (OIC) mengevakuasi seekor Orangutan Sumatera berjenis kelamin jantan.

Orangutan yang berusia 2 tahun tersebut diperoleh dari Darwin, warga Desa Suka Rimbun, Kecamatan Ketambe, Aceh Tenggara, Kamis (15/2).

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, mengatakan, usai dievakuasi Orangutan Sumatera tersebut dibawa ke Pusat Rehabilitasi Orangutan Sumatera di Batumbelin Sibolangit, Sumatera Utara, untuk menjalani perawatan dan rehabilitasi.

“Informasinya kondisi Orangutan Sumatera ini mengalami stres berat dan tidak mau makan. Maka, tim membawa ke Pusat Rehabilitasi OU Sumatera di Medan,” kata Sapto kepada Kanalaceh.com saat dikonfirmasi, Kamis (15/2).

Kata Sapto, bayi orangutan ini diketahui telah berada selama dua hari di kebun jagung milik Darwin. Saat ditemukan kondisinya sangat lemas dan tak berdaya. Melihat kondisi Orangutan yang malang itu, akhirnya Darwin membawa Orangutan ke rumahnya.

“Informasi tentang penemuan satwa dilindungi ini awalnya diperoleh dari Sri Suci Utami yang sedang berada di Stasiun Penelitian Ketambe dan berbincang-bincang dengan masyarakat,” katanya.

Saat itu, sambung Sapto, seorang warga bernama Darwin menyampaikan bahwa dia telah menyelamatkan anak Orangutan yang terlantar di kebun jagung miliknya dalam waktu dua hari.

“Mendapatkan kabar itu, lalu Bu Suci menghubungi rekannya di Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-OIC. Hari ini telah berhasil dievakuasi,” tutupnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts