Jelang Imlek, Tim Jibom sisir vihara di Banda Aceh

Jelang Imlek, Tim Jibom sisir vihara di Banda Aceh
Tim Jibom Polda Aceh menyisir Vihara Dharma Bhakti, Peunayong, Banda Aceh guna mengamankan perayaan Imlek 2018 di Banda Aceh, Kamis (15/2) malam. (Ist/Abik)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jelang perayaan Imlek, Polda Aceh mengerahkan tim penjinak bom (Jibom) untuk mengamankan kelancaran perayaan Imlek di Aceh. Mereka disebar ke empat vihara yang ada di Kota Banda Aceh, Kamis (15/2) malam.

Saat tiba di lokasi Vihara Dharma Bakti, Peunayoung, Banda Aceh, tim penjiak bom yang berjumlah 10 orang langsung mensterilisasikan sudut ruangan vihara. Apalagi, tempat itu akan dijadikan oleh etnis Tionghoa untuk melakukan ritual keagamaan hari ini, Jumat (16/2).

Kapolresta Banda Aceh, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Trisno Riyanto mengatakan untuk kelancaran perayaan hari raya Imlek, polisi terus mengamankan sejumlah lokasi yang menjadi titik perayaan tersebut.

“Personel kami tempatkan di vihara yang digunakan perayaan Imlek, dan jalur yang terdampak perayaan Imlek,” katanya di Vihara Dharma Bhakti.

Sementara itu Wakasubden I Gegana Polda Aceh, Iptu Rizaldi yang memimpin tim Jibom menyebutkan usai menyisir vihara, belum menemukan tanda-tanda keberadaan bom dilokasi perayaan Imlek maupun di vihara itu sendiri.

“Tidak kita temukan. Semua aman,” sebutnya.

Kata dia, pihaknya terus melakukan penyisiran ini agar umat yang merayakan Imlek di Aceh merasa aman untuk beribadah.

“Ya kita ingin memberikan rasa aman bagi mereka untuk beribadah,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan personel berpakaian bebas di lokasi rawan terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. [Fahzian Aldevan]

Related posts