Menag resmikan 9 balai nikah dan manasik haji di Aceh

Menag resmikan 9 balai nikah dan manasik haji di Aceh
Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin menandatangani peresmian pembangunan 9 balai nikah dan manasik haji Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan di Provinsi Aceh, Rabu (28/2). (Ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin meresmikan 9 balai nikah dan manasik haji Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan di Provinsi Aceh, Rabu (28/2). Gedung tersebut dibangun dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2017.

Peresmian 9 balai nikah dan manasik haji itu dipusatkan di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh bersamaan dengan peresmian gedung baru Fakultas Ekonomi Islam dan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry.

Peresmian tersebut disaksikan Kakanwil Kemenag Aceh, Drs Daud Pakeh dan Rektor UIN Ar Raniry Prof Farid Wajdi Ibrahim, serta civitas akademika perguruan tinggi negeri tersebut.

Ads

Adapun 9 gedung balai nikah dan manasik haji yang diresmikan Menteri Lukmam, terdapat di sejumlah kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Bireuen Tiga KUA, Aceh Timur Tiga KUA, Bener Meriah Satu KUA, Nagan Raya satu KUA dan satu unit KUA di Kabupaten Abdya.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Menteri Lukmanberharap dengan adanya gedung baru KUA Kecamatan yang lebih layak juga ada peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Revitalisasi KUA sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Ratusan KUA di Indonesia kini memiliki gedung balai nikah dan manasik haji yang representatif sebagai tempat layanan. Maka gedung tersebut dapat dimanfaatkan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Menteri Lukman Hakim juga berharap dengan diresmikan dua gedung baru UIN Ar-Raniry dapat menambah daya dukung kampus UIN Ar-Raniry, sehingga mampu mengakomodasi minat generasi muda Aceh melanjutkan pendidikan tinggi di perguruan tinggi Islam.

Sementara Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh, menyampaikan terimakasih kepada Menteri Agama yang telah memberikan perhatian khusus kepada Aceh, baik untuk pembangunan gedung STAIN, IAIN dan UIN, serta pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan.

“Dari 272 KUA kecamatan definitif yang ada di Aceh, Alhamdulillah telah dibangun dengan SBSN 13 gedung KUA, dan pada tahun 2018 ini bapak menteri kembali memberikan perhatian untuk pembangunan 7 unit KUA kecamatan melalui SBSN,” ujar Daud Pakeh. [Aidil/rel]