Pemkab Aceh Utara peringati HUT Pemadam Kebakaran ke-99

Pemkab Aceh Utara peringati HUT Pemadam Kebakaran ke-99
Upacara peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke-99 tahun 2018 di halaman Kantor Bupati, pada Kamis (1/3). (Ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menggelar apel bersama dalam rangka memperingati HUT Pemadam Kebakaran ke-99 tahun 2018. Apel ini berlangsung di halaman Kantor Bupati, pada Kamis (1/3) yang dipimpin oleh Asisten I Sekdakab Aceh Utara, Dayan Albar.

Asisten I Sekdakab Aceh Utara, Dayan Albar saat membacakan sambutan Mendagri, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, HUT Pemadam Kebakaran jangan hanya untuk sekedar mengenang peristiwa tahun 1919, dimana masyarakat Batavia memberikan dalam bentuk prasasti atas perjuangan Brandweer dalam memadamkan kebakaran besar di kawasan Jatinegara, Jakarta.

“Lebih dari itu, merupakan upaya untuk lebih meningkatkan komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, serta mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman dan dampak ikutan kejadian kebakaran,” ungkap Dayan.

Dikatakannya, kebakaran merupakan sub urusan dari urusan wajib pemerintah daerah yang berkaitan dengan pelayanan dasar bidang ketentraman ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

“Karena menjadi urusan wajib, maka pemerintah daerah wajib memberikan prioritas, misalnya memberikan alokasi anggaran yang memadai, serta diwadahi dalam bentuk dinas yang mandiri,” jelas Dayan.

Peran penting pemadam kebakaran, lanjutnya, tercermin dari tugas dan tanggungjawab. “Tugas pemadam kebakaran di kabupaten/kota adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun saat kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, serta pemberdayaan masyarakat,” jelas Dayan.

Namun, sambungnya, dalam praktiknya di berbagai daerah, beban tugas dan risiko pekerjaan yang ditanggung pemadam kebakaran belum mendapat apresiasi yang memadai.

Maka, ia berharap kepada seluruh pengambil kebijakan, baik eksekutif maupun legislatif, untuk bersama-sama mengambil langkah kebijakan optimalisasi penyelenggaraan urusan kebakaran tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Munawar, mengatakan apel bersama memperingati HUT ke-99 Pemadam Kebakaran dilaksanakan untuk memberikan dorongan semangat serta apresiasi bagi seluruh insan dan petugas pemadam kebakaran yang ada di Aceh Utara, yang selama ini telah bekerja dengan baik.

“Pemadam kebakaran ini adalah kerja kemanusiaan, maka kita harapkan setiap petugas pemadan lebih mengedepankan unsur-unsur relawan dan sosial-humanis dalam melaksanakan tugasnya,” kata Munawar. [Rajali Samidan]

Related posts