Pelajar antusias lihat Pesawat Hawk dan Helikopter di Lanud SIM

Pelajar antusias lihat Pesawat Hawk dan Helikopter di Lanud SIM
Pelajar dan masyarakat melihat lebih dekat Heli SA-330 Puma saat start engine, Jumat (2/3). (Pentak SIM)

Jantho (KANALACEH.COM) – Ratusan pelajar sangat antusias melihat dari dekat alutsista milik TNI Angkata Udara yang dipamerkan di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Jumat (2/3). Alutsista tersebut adalah Pesawat Hawk 100/200 Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru dan Helikopter SA-330 Puma Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja, Bogor.

Tidak hanya kalangan pelajar, melainkan masyarakat umum diperbolehkan menyaksikan secara langsung. Pesawat dan helikopter tersebut dalam rangka patroli pengamanan wilayah udara di Provinsi Aceh.

Kedatangan pelajar dan masyarakat disambut oleh Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, beserta staf sebagai bentuk pengenalan TNI Angkatan Udara kepada masyarakat.

Menurut Kolonel Nav Indrastanto, keberadaan TNI Angkatan Udara khususnya Lanud Sultan Iskandar Muda di Provinsi Aceh harus dikenal dan mendekat kepada masyarakat sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat, salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat lebih dekat alutsista TNI Angkatan Udara.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan Bulan Dirgantara yang dikombinasi dengan penyampaian informasi tentang pesawat Hawk dan heli SA-330 Puma oleh crew serta lomba fotografi dirgantara,” ujarnya.

Kegiatan yang rencananya ditutup Sabtu (3/2) besok pukul 12.00 WIB, cukup menarik minat masyarakat untuk datang, bertanya kepada crew pesawat atau helikopter dan tidak jarang. Setiap pengunjung mengabadikan momen terbangnya Hawk dan Puma melalui smartphone yang dibawa dengan sesekali selfie.

Rahmat, salah satu pengunjung, mengatakan sejak seminggu lalu penasaran dengan pesawat terbang yang selalu mondar-mandir di langit Banda Aceh dan sekitarnya, sehingga ia menyempatkan diri untuk melihat langsung pesawat terebut dari dekat.

“Ternyata bagus dan keren pesawat milik TNI Angkatan Udara, semoga jaya selalu dalam menjaga serta melindungi Indonesia,” ujarnya.

Perasaan kagum juga dirasakan, Shila, salah satu siswa Taman Kanak-kanak yang mengunjungi Lanud Sultan Iskandar Muda. Ketika ditanya mengenai cita-citanya dengan lantang dan tunjuk tangan mengatakan menjadi seorang penerbang helikopter. [Aidil/rel]

Related posts