Anggota DPR: Pergub APBA sah-sah saja

DPR akan panggil Menkeu bahas obligasi pembelian pesawat dari rakyat Aceh
Anggota DPR RI Komisi III asal Aceh, Nasir Djamil. (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Anggota DPR RI asal Aceh, Nasir Djamil meminta agar APBA 2018 segera disahkan. Sebab, menurutnya uang milik rakyat itu sangat dibutuhkan untuk membiayai pembangunan di Aceh.

Saat ditanya kemungkinan APBA akan disahkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub), Nasir Djamil mengatakan bahwa hal itu sah-sah saja. Katanya, Pergub juga instrumen hukum yang sah.

“Kalau tidak ada titik temu antara DPRA dengan Gubernur, maka Pergub jalan keluarnya,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com, Selasa (6/3).

Nasir Djamil pun memberikan perumpamaan, bahwa Pergub itu seperti pintu darurat yang dimiliki pesawat terbang. Pintu itu hanya boleh dibuka jika dalam keadaan darurat dan untuk mengurangi resiko korban di dalam pesawat.

“Justru kalau pesawat mendarat darurat dan pintu emergency tidak dibuka, maka korban akan lebih banyak yang meninggal atau luka berat,” katanya.

Karena itu, Nasir Djamil meminta semua pihak, termasuk DPRA menghormati keputusan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf jika kelak mensahkan APBA melalui Pergub.

“Memang bagusnya lewat qanun, tapi kalau tidak ada kesesuaian, tentu Pergub jalan keluarnya. Yang penting denyut nadi ekonomi rakyat bergerak setelah APBA selesai dibahas,” jelas Nasir Djamil. [Aidil/rel]

Related posts