Banda Aceh dinilai punya modal kuat kembangkan wisata

Direktur Markplus optimis wisata Banda Aceh akan berkembang
Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman bertemu dengan Direktur Markplus, Hermawan Kartajaya membahas perkembangan wisata Banda Aceh, Kamis (8/3). (Humas Banda Aceh)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Direktur Markplus, Hermawan Kartajaya mengungkapkan rasa optimis bahwa wisata di Kota Banda Aceh akan berkembang dibawah kepemimpinan Aminullah dan Zainal Arifin.

Ungkapan optimis orang nomor satu Markplus ini disampaikan disela-sela acara Lokakarya Pariwisata Nasional yang digelar di Gedung Casablanca Nasional, Jakarta, Kamis (8/3).

“Saya optimis wisata Banda Aceh akan jauh lebih berkembang. Saya lihat kesiapan pemerintahnya, antusiame warga dan juga komitmen Walikota yang sangat tinggi,” ujarnya.

Sebagai daerah yang memiliki sejarah Islam yang panjang dan memiliki banyak cagar budaya, Banda Aceh dinilai memiliki modal yang kuat dalam mengembangkan wisatanya, terutama wisata Islami.

Dalam kesempatan itu, Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman sempat menyampaikan cita-citanya menjadikan Banda Aceh sebagai Kota Zikir. Kata Aminullah, Pemko akan membangun komplek zikir bertaraf Internasional yang akan mampu menampung hingga puluhan ribu jamaah.

“Lokasi ini nantinya akan menjadi salah-satu tujuan umat muslim dunia yang akan mengikuti kegiatan zikir di Banda Aceh,” ungkap Aminullah.

Selain itu, Banda Aceh sudah memiliki sejumlah destinasi wisata menarik lainnya, seperti Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami, Kapal Apung sebagi saksi bisu dahsyatnya tsunami.

Banda Aceh juga memiliki daya tarik lainnya dari sisi kuliner yang menggugah selera, diantaranya kopi terenak didunia, Mie Aceh dan masakan dengan cita rasa lainnya yang dapat memanjakan lidah.

Disamping itu, Banda Aceh memiliki keberagaman kesenian yang sangat dahsyat seperti tarian Rapaii Geleng, Seudati, Tari Saman dan kesenian lainnya.

“Semua itu akan dikemas sedemikian rupa untuk menarik wisatawan dari seluruh dunia,” jelas Aminullahh.

Lanjutnya, mengembangkan sektor wisata merupakan cita-cita dirinya dengan Wakil Walikota Zainal Arifin dalam rangka mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Aminullah menyadari Banda Aceh bukanlah daerah yang memiliki sumber daya alam. Banda Aceh adalah kota yang mengandalkan perdagangan dan jasa.

“Saya yakin, sektor wisata akan menampung banyak lapangan kerja untuk masyarakat saya. Wisata Islami memiliki prospek yang sangat bagus dan kami akin mampu menangkap peluang itu,” ujar Aminullah.

Karenanya, Aminullah berharap Markplus dapat mendukung Pemko Banda Aceh dan berkontribusi dalam mengembangkan sektor wisata. [Aidil/rel]

Related posts